Catatan Januari 2022

Oleh Nia Nayajomis

Demi menjaga kenangan atas apa saja yang terjadi setiap tahunnya, agar bisa senantiasa abadi menulis menjadi salah satu ajang terbaik untuk dijadikan medianya. Nah, mulai awal tahun ini saya akan membagikan konten tentang apa saja yang booming di setiap bulan di tahun 2022. Di mulai dari bulan pertama Januari, apa saja sih yang viral, booming, tren, dan paling banyak dibicarakan di keseharian kita baik di dunia online sampai dunia offline yang berhasil saya tulis di bulan ini ? Mari kita simak sama-sama !

*Web Series : Layangan Putus*

Kisah perselingkuhan dalam rumah tangga memang selalu menarik minat masyarakat Indonesia. Ada banyak kisah nyata atau sekedar drama series yang bercerita tentang kisah rumah tangga dengan konflik yang satu ini. Yah, web series Layangan Putus yang tayang di Wetv ini sangat fenomenal mulai awal penayangannya di akhir tahun 2021 sampai awal tahun 2022 ini. Cerita yang diadaptasi dari tulisan yang awalnya terbit di laman Facebook dan akhirnya dibukukan yang ditulis dari pengalaman pribadi ASF sang penulis ini dinilai sangat relate dengan kasus yang terjadi di dunia nyata. Pasalnya yang sudah terekspos maupun tidak banyak yang mengalami konflik perselingkuhan dalam rumah tangga seperti yang terjadi pada Layangan Putus ini sehingga menjadikan series yang dibintangi Putri Marino, Reza Rahadian, Anyar Geraldine, dan Frederika Cull ini sangat booming.

*Pernikahan Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha*

Pernikahan sepasang artis yang jauh dari gosip ini dinilai sebagai pernikahan yang meng-influence karena pasangan ini telah melakukan prosesi berpacaran yang cukup lama. Dan Vidi sempat mengalami musibah dimana dia mengidap penyakit kanker ginjal stadium 3. Lamanya proses pernikahan yang diiringi dengan serangkaian cobaan itu, menjadikan pernikahan Vidi dan Sheila sebagai momen paling dinantikan khususnya kawan sesama artisnya yang sangat solid dan banyak itu.

*Remake Video Klip dari Lagu-lagu Peterpan*

Peterpan yang kini bernama Noah, merupakan salah satu band Indonesia dengan lagu-lagunya yang dinilai timeless. Pasalnya meskipun sudah dirilis lebih dari 10 tahun lalu, lagu-lagu garapan Ariel dan kawan-kawannya ini masih enak dan asik untuk didengarkan. Nah, di awal tahun ini Peterpan alias Noah melakukan projek remake video klip dari lagu-lagu lamanya ini. Dibintangi oleh para aktor dan aktris muda yang sedang naik daun, seperti Angga Yunanda dan Vanessa Priscilla projek ini menjadi ramai diperbincangkan. Bahkan video klip untuk lagu Yang Terdalamyang dibintangi oleh Iqbal Ramadhan itu banyak diparodikan oleh konten kreator di dunia Maya sehingga makin menaikkan atensinya.

* Ghozali Everyday *

Dari dunia digital, seorang pemuda asal Semarang Jawa Tengah bernama Ghozali viral lantaran menjual foto selfie dirinya yang diambil setiap hari selama 3 tahun. Lantas, iseng-iseng dia mencoba menjual foto selfienya itu sebagai aset digital dengan tajuk ‘Ghozali Everyday’ via platform Opensea. Tidak diduga dan dinyana, ternyata foto selfie Ghozali yang berjumlah 933 ini laku terjual hingga ia berhasil meraup keuntungan senilai 1,7 Miliar.

Karena fenomena ‘Ghozali Everyday’ yang dinilai mudah mendapatkan keuntungan dengan modal foto selfie ini tentu menarik atensi masyarakat Indonesia yang lantas berlomba-lomba ikut menjual produk digitalnya via marketplace Opensea. Sayang, masyarakat yang awam akan dunia pasar digital ini malah asal-asalan dalam melakukan perdagangan dengan sistem pembayaran menggunakan mata uang bitcoin ini. Ada banyak gambar-gambar yang tak cocok diperdagangkan bahkan menyalahi aturan dipajang disana untuk diperjual belikan dengan dalih ingin beruntung seperti Ghozali. Padahal poinnya yang menjadikan foto selfie Ghozali laku keras dijadikan NFT (Non-Fungibel Tokens) adalah effortnya yang konsisten mengumpulkan foto selfie ya selama 3 tahun. Bukan sekedar gambar yang terpampang.

*Trading dan Afiliator*

Masih dari dunia digital, konsep perdagangan digital yang memang hits beberapa tahun terakhir yakni ‘trading’ akhir bulan ini menjadi perbincangan hangat setelah salah seorang aktor sinetron Ichal Muhammad membuka gelapnya dunia ‘trading’ di podcast Pantengin Tv bersama Gita Sinaga. Dimana disitu dia mengungkapkan trading atau investasi via aplikasi binary option sebenarnya tak ubahnya perjudian karena sistem permainannya adalah tebakan. Padahal trading yang sebenarnya bukanlah praktik tebak menebak melainkan perdagangan suatu komoditi sesuai dengan namanya. Dan yang menghebohkan lagi, ternyata di dalam praktik trading via aplikasi Binary Option ini ada campur tangan orang yang disebut Afiliator. Dimana Afiliator ini menjadi individu yang mensosialisasikan secara terarah agar orang-orang melakukan trading di aplikasi Binary Option melalui link yang mereka bagikan di platform promosi yang mereka pakai seperti akun sosial media pribadi. Tak ayal, ada banyak orang ternama yang digadang-gadang telah menjadi Afiliator dari produk trading ini. Mereka dinilai keji karena memanfaatkan kekalahan orang lain untuk mendapatkan keuntungan. Pasalnya individu ini menerima keuntungan dengan nilai yang fantastis dari nominal uang yang di top up oleh pelaku trading ketika bermain di Binary option mengalami lose atau kekalahan menebak. Entah siapa yang patut disalahkan dan hendaknya bertanggung jawab atas praktik ilegal ini, yang jelas sebagai individu hendaknya patut berhati-hati dalam mengelola keuangan agar tidak sampai rugi dan merugikan orang lain.

Itulah beberapa moment viral yang terjadi di bulan Januari 2022 ini yang berhasil saya catat. Kira-kira apalagi ya yang akan viral di bulan Februari nanti ? Yuk mari kita nantikan saja !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: