Hal Yang Paling Diingat dari Tahun 2021

Oleh Nia Nayajomis.

Di penghujung tahun 2021 ini, saya jadi teringat akan segala hal yang sudah terjadi pada hidup saya. Kalau diingat-ingat ada banyak sekali ternyata hal yang telah saya alami, telah saya temui, telah saya rasakan, dan telah saya capai yang akan membuat saya sangat mengingatnya di tahun-tahun berikutnya. Kira-kira apa sajakah itu ? Yuk kita simak sama-sama !

*Small Bisnis

Sejak lulus dari jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan, saya sempat bekerja satu kali ikut orang lain selama 16 bulan. Lalu setelah itu saya memutuskan untuk membuka warung di rumah menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari untuk warga di sekitar tempat tinggal saya. Awalnya saya ragu memulai usaha sendiri di rumah lantaran saya tidak bisa mengelola keuangan berdagang. Setelah lama kelamaan akhirnya saya belajar dan akhirnya bisa mengelola keuangan dari bisnis milik sendiri itu. Dan ternyata, menikmati uang dari hasil usaha sendiri itu rasanya sangat nikmat tiada tara meskipun nominalnya tidak seberapa. Dari situ akhirnya saya pun fokus mengembangkan usaha yang saya punya. Sempat mengalami pasang surut juga tapi saya tidak pernah menyerah sampai akhirnya saya mampu survive menjalankan usaha yang saya punya. Di tahun 2021 ini banyak bermunculan small bisnis dengan beragam usaha yang out of the box bahkan usaha-usaha mainstream yang ada di sekitar kita yang berhasil naik pamor.

* Selfcare

Tahun 2021, ini saya resmi bercerai. Dan terpaksa harus merelakan anak perempuan saya ikut tinggal bersama mantan suami. Awalnya saya tidak terima, tapi begitu Tuhan menghibur saya dan memberikan banyak hal yang sepadan dengan rasa kehilangan yang besar di dalam diri saya. Akhirnya saya menemukan apa arti tentang keikhlasan yang sesungguhnya. Bahwasannya, segala hal yang ada di dunia ini adalah titipan Tuhan, tidak terkecuali nafas yang masih bisa kita hembuskan ini. Suatu saat, cepat atau lambat semuanya akan kembali kepada-Nya. Begitu juga anakku. Kalaupun bukan maut yang memisahkan, toh ketika dia dewasa dia juga tidak akan tinggal bersama-sama denganku apalagi ketika nantinya dia telah berkeluarga pasti dia akan lebih fokus dengan hidupnya sendiri. Dari situ pula, saya mulai belajar untuk lebih mencintai diri sendiri, percaya diri, memaksimalkan potensi diri, dan mengandalkan diri sendiri agar lebih mandiri. Hasilnya akhirnya saya merasa jauh lebih baik dari versi diri saya yang sebelumnya.

* Croffle

2021 ini rasanya tak lengkap bila tak membicarakan hidangan yang menggabungkan 2 elemen berbeda ini yaitu croissant dan waffle. Sama-sama hidangan dari Eropa, tapi menu yang satu ini justru hits dari Korea Selatan sana loh. Bahkan di Indonesia saking boomingnya sampai menjamur outlet-outlet yang menjual makanan ini dengan beragam modifikasi dan inovasinya.

* Warmindo

Indomie benar-benar semakin kukuh dalam merajai pasar mi instan Indonesia. Saking tenarnya, mi instan yang juga asli Indonesia ini sampai menjadi tren bisnis makanan yang spesialis menjual olahan matang dari mi instan ini. Tidak sekedar tren semata, bisnis Warung Mi Indomie ini dinilai banyak pihak memiliki peluang dan potensi yang besar dalam menciptakan income. Pasalnya pengusaha warmindo hanya menyediakan Indomie dengan beragam variannya, menu pelengkap yang semuanya terbilang siap saji seperti aneka macam frozen food dan sayuran, beragam minuman sachet, serta peralatan memasak mi instan saja.

* Toxic Relationship

Isu toxic Relationship sebenarnya sudah lama menyeruak ke permukaan publik tapi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2021 ini kasus toxic relations lebih banyak tersekpos di ranah publik. Akhir tahun ini saja ada kasus Novi Widiasari salah satu mahasiswi universitas ternama di Malang yang sangat viral karena dia mengakhiri hidupnya dengan menenggak sianida akibat tidak tahan dengan hubungan toxic yang ia jalani dengan pacarnya yang seorang anggota polisi. Tak jauh-jauh dengan isu mental health, toxic relationship memang sangat erat kaitannya karena imbasnya yang sangat fatal adalah pada kondisi kesehatan psikis yang tidak kasat mata.

* #percumalaporpolisi

Tagar yang berisi keluhan masyarakat akan kinerja aparat penegak hukum yang dinilai rendah ini sangat ramai di media sosial pada paruh kedua tahun 2021 ini. Yah, nyaris setiap hari memang ada saja berita tentang keburukan yang dilakukan oleh orang yang disebut sebagai ‘oknum polisi’ ini yang lewat di sosial media.

* Lisa Blackpink

Debut solo, diskriminasi, dan booming. 3 hal itu yang paling saya ingat dari salah satu personil girl groub Korea Selatan, Blackpink ini. Dan bagi saya dia adalah artis perempuan yang paling saya ingat sepanjang 2021 ini. Lalisa dan Money, tembang hits yang ia nyanyikan nyaris terdengar setiap saat dan dimana-mana.

Itu saja rasanya, hal-hal yang paling saya ingat sepanjang tahun 2021 ini. Mungkin pembaca sekalian ingin menambahkan hal-hal yang paling diingat di tahun 2021 menurut versi kalian. Share di kolom komentar ya !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: