Referensi Menu Sehari-hari

Menu Serba Rp. 10.000,-

Oleh Nia Nayajomis

Episode Tumis TTK (Tahu-Tempe Kacang) Acar

Akhir-akhir ini saya sering menemukan aneka makanan yang dikolaborasikan dengan acar. Yup, menu dengan cita rasa khas asam-manis ini dijadikan bahan campuran sebuah masakan, bukan pendamping makanan seperti acar dengan nasi goreng atau mi ayam dengan acar ya.

Kebanyakan acar ini dijadikan campuran menu berbahan ikan, dan ayam yang kental dengan bumbu berwarna merah atau kuning. Hmmmm bisa dibayangkan rasa asam-manis acar dengan gurihnya ikan dan bumbunya yang kaya pasti jadi paduan yang mantap sekali.

Beberapa hari lalu, saya diberi ole-ole ikan laut oleh saudara saya. Entah apa namanya saya juga kurang tahu, yang jelas ikannya berukuran sedang. Dan saya berniat mengolahnya dengan campuran acar. Berhubung saya mendadak alergi gara-gara mencicipi olahan cumi di saudara sepupu saya, jadilah acara mengolah ikan dengan acar ini gagal. Dan ikan hasil ole-ole ini hanya digoreng saja dan hanya si Bapak yang menikmatinya.

Keesokan harinya, saya memutuskan untuk mengolah acar dengan menu tumis sayur tahu-tempe dan kacang panjang sebagai gantinya. Agak anti-mainstream tapi saya tetap akan mencobanya karena saya suka sekali makanan dengan campuran acar seperti itu. Penasaran seperti apa ? Yuk simak langsung resepnya !

Bahan :

– 1 buah Tahu @ Rp. 2.000,-

– 1 buah Tempe @ Rp. 2.000,-

– 1 ikat kecil Kacang Panjang @ Rp. 2.000,-

– 1 buah Mentimun @ Rp. 1.750,-

– 1 bungkus Wortel Kecil isi 4 (saya gunakan 2 saja) @ Rp. 2.000,-

– 10 buah Cabai

– 4 buah Bawang Merah

– 2 buah Bawang Putih

– Garam

– Gula

– Air

– Cuka

– Minyak

Cara membuat :

– Kupas wortel , timun, dan sebuah bawang merah. Untuk mentimun, hilangkan bijinya juga. Kemudian potong-potong mentimun dan wortel seukuran batang korek api. Sedangkan bawang merah iris-iris agak besar.

– Taruh potongan wortel dan mentimun pada mangkok begitu juga irisan bawang merah. Tambahkan 1 sendok makan cuka dan 1 sendok makan gula. Aduk hingga rata, lalu simpan selama 20 menit di dalam lemari pendingin.

– Potong-potong dadu tahu dan tempe, serta potong seukuran korek api kacang panjang yang sudah dicuci.

– Lalu panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng tahu dan tempe. Setelah panas, masukkan tahu dan tempe, dan goreng hingga kering.

– Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Lalu panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bumbu hingga matang.

– Setelah itu, masukkan potongan kacang panjang. Tambahkan air, dan ukep selama beberapa menit hingga empuk. Setelah kandungan airnya hilang, masukkan juga potongan tahu dan tempe goreng lalu aduk hingga rata.

– Selanjutnya tambahkan acar, aduk lagi hingga merata. Kemudian koreksi rasa, bila rasanya sudah pas angkat dan sajikan.

‘Tumis Tahu-Tempe Kacang Panjang dan Acar’ siap dinikmati !

Happy Monday !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s