Kuliner, Resep Masakan

Ceker Ayam Jahe Pedas

Oleh Nia Nayajomis

Ceker ayam, termasuk bahan protein yang murah harganya bagi saya selain telur dan ikan. Karena harganya selalu di kisaran Rp. 25.000,- ke bawah. Alhasil, salah satu bahan makanan yang sekarang banyak dijadikan produk dagangan kuliner ini jadi pilihan saya untuk dijadikan referensi menu sehari-hari.

Diolah seempuk mungkin dengan bumbu pedas yang manis, ceker ayam jadi idola di meja makan saya. Meniru olahan ceker ayam pedas yang gambarnya kerap wira-wiri di timeline instagram, saya pun mencoba membuat menu serupa. Tapi resepnya saya tidak mengcopy paste pada caption instagram yang tertulis menyertai gambar si Ceker Pedas itu. Saya improve sendiri resepnya yang terpenting warna dan bentuknya serupa (itulah kebiasaan saya kalau membuat menu hihihihi). Kalau rasanya ? Tetap enak kok.

Nah seperti apa olahan ceker pedas ala saya yang berjudul ‘Ceker Ayam Jahe Pedas’ itu ? Yuk langsung disimak saja resepnya !

Bahan :

– 1 kg Ceker ayam

– 3 batang Daun Bawang

– 2 buah Tomat

– 30 buah Cabai Rawit

– 3 siung Bawang Merah

– 2 siung Bawang Putih

– 2 telunjuk jari Jahe

– Minyak

– Air

– Gula

– Garam

Cara Membuat :

– Bersihkan ceker ayam pada air mengalir hilangkan kuku serta kulit mati yang masih menempel. Kemudian rebus pada panci dengan air secukupnya hingga empuk. Jangan lupa tambahkan jahe yang sudah digeprek.

– Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai, tomat, bawang merah, dan bawang putih yang sudah dikupas menggunakan blender. Lalu potong-potong daun bawang seukuran jari telunjuk yang telah dicuci.

– Berikutnya, setelah ceker ayam telah matang dan empuk, panaskan minyak goreng secukupnya pada wajan. Lalu goreng beserta jahe yang telah digeprek tadi hingga cukup kering, untuk mengeluarkan rasa gurihnya.

– Setelah selesai menggoreng ceker, panaskan sedikit minyak pada wajan untuk menumis bumbu. Lalu tumis bumbu hingga matang. Tambahkan gula dan garam secukupnya.

– Masukkan ceker goreng tadi pada tumisan bumbu berikut dengan potongan daun bawang. Aduk hingga rata. Tambahkan air secukupnya untuk mengukep ceker agar bumbunya meresap.

– Koreksi rasa. Apabila rasa asin dan manisnya sudah pas, angkat dan sajikan. Jadilah Ceker Ayam Jahe Pedas !

Sederhana bukan cara membuatnya ? Bisa langsung dipraktikkan di rumah ! Pasti jadi pasangan yang pas jika dinikmati dengan nasi hangat, dan tentunya jadi idola suami dan anak !

Happy trying !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s