Referensi Menu Sehari-hari

Menu Serba Rp. 20.000,-

Oleh Nia Nayajomis

Episode Tongkol Suwir Tumis Bumbu Pepes dan Bakwan Jagung

Dalam mengolah menu makanan, kadang kala kita dihadapkan pada bahan yang sama untuk beberapa waktu berikutnya. Hal inilah yag kadang membuat kita jadi bingung bagaimana mengolahnya karena referensi menu yang kita punya untuk satu jenis bahan tertentu sangat terbatas. Alhasil, saya pun mensiasati permasalahaj ini dengan bereksperiman pada bumbu masakannya yang akan kita olah untuk menjadi menu makanan agar terhindar dari kebosanan akibat menu yang itu-itu saja misal mengkolaborasikan satu bahan makanan dengan bumbu khas masakan lain yang kadang berbeda bahan masakannya.

Suami saya tergolong orang yang tidak menyukai menu makanan bersantan dan berbahan daging ayam maupun sapi. Jadilah menu sehari-hari yang saya olah hanya sayur, ikan, telur, tahu, dan tempe saja. Hari ini, saya kembali membuat menu tongkol suwir. Tapi saya mengolahnya dengan bumbu yang berbeda dari bumbu tongkol suwir yang biasa saya gunakan. Lantas bumhu apa yang saya pergunakan ? Bumbu Pepes. Bumbu yang identik dengan olahan ikan ini tentu cocok dengan tongkol suwir tapi pengolahannya tentu berbeda karena disesuaikan dengan olahan ikannya yang ada. Seperti apa sih kolaborasi bumbu dan tongkol suwir yang satu ini ? Yuk simak langsung resepnya !

Bahan :

– 1 ekor Ikan Tongkol ukuran besar @ Rp. 15.000,-

– 1 bungkus kecil Cabai @ Rp. 2.000,-

– 2 buah Tomat (sisa belanja kemarin)

– 1 bungkus Kemiri ( stok sudah tersedia)

– 3 siung Bawang Merah

– 2 siung Bawang Putih

– Garam

– Gula

– Minyak

Cara Membuat :

– Bersihkan Ikan tongkol dengan air mengalir, dan buang bagian kepala dan durinya. Kemudian panaskan minyak pada wajan secukupnya untuk menggoreng ikan. Setelah panas, masukkan ikan ke dalamnya, dan goreng hingga cukup kering.

– Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, dan kemiri dengan blender.

– Selanjutnya ketika ikan tongkol sudah selesai digoreng, lanjutkan dengan mensuir-suirnya berukuran kecil.

– Lalu panaskan minyak sedikit saja pada wajan, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan tadi hingga masak. Tambahkan gula dan garam secukupnya.

– Setelah bumbu masak, campurkan suwiran ikan lalu aduk hingga rata. Koreksi rasa, apabila sudah pas angkat dan sajikan.

‘Tongkol Suwir Tumis Bumbu Pepes’ siap dinikmati !

Berikutnya saya memasangkan menu tongkol suwir dengan bakwan jagung. Saya rasa pembaca sekalian pasti sudah tahu bahkan hafal betul dengan resep membuat bakwan jagung, jadi saya tidak membagikannya. Yang perlu anda tahu saja, untuk menu bakwan jagung ini saya hanya membudgetnya Rp. 3.000,- saja. Karena tidak memakai cabai, dan hanya ada tambahan daun bawang satu batang saja. Selebihnya seperti bumbu baik untuk bakwan maupun tongkol suwir sudah tersedia dari belanja bulanan.

Semoga referensi menu kali ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian !

Happy Monday !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s