Kuliner, Resep Masakan

Sajian Menu Daging Qurban ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Hari Minggu kemarin, umat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha yang menjadi penanda akhir dari rangkaian ibadah haji yang ditandai juga dengan tradisi memotong hewan qurban berupa hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, atau unta. Di Indonesia, umumnya masyarakat muslim berkurban hewan sapi untuk 7 orang dan kambing untuk 1 orang.

Ibadah yang dilakukan setahun sekali atau minimal sekali seumur hidup ini, biasanya dilakukan pada 3 hari tashrik (hari yang dilarang untuk berpuasa) yaitu tanggal 9, 10, 11 bulan Dzulhijjah mulai terbitnya fajar pada tanggal 9 (usai shalat Idul Adha) sampai terbenamnya matahari pada tanggal 11 Dzuhijjah.

Pada hari-hari itu hampir seluruh rumah baik milik si Kaya ataupun si Miskin akan mendapatkan daging qurban dari panitia penyelenggara pemotongan hewan qurban terdekat. Nah, kemarin saya memperoleh daging qurban dari mushola di dekat rumah yang menyelenggarakan pemotongan hewan qurban. Yaitu berupa daging kambing kira-kira setengah kilograman.

Di rumah saya tidak ada yang suka dengan daging yang satu ini, kecuali suami dan bapak saya. Itupun bapak saya tidak terlalu banyak mengonsumsinya karena memiliki tekanan darah yang tinggi. Alhasil, suami saya memiliki hak penuh untuk request diolah seperti apa daging kambing tersebut.

Lalu suami saya meminta daging qurbannya diolah menggunakan bumbu kreasi yang saya aplikasikan di menu ceker beberapa hari lalu (resepnya belum saya tulis di blog ini). Dibantu langsung oleh suami, saya pun lalu mengeksekusi menu yang saya namai ‘Daging Kambing Jahe Pedas’ itu.

Berikut resep lengkapnya !

Bahan :

– -+1/2 kg Daging Kambing

– 5 buah Bawang Merah

– 4 buah Bawang Putih

– 30 buah Cabai

– 2 buah Tomat

– 1 batang Daun Bawang

– 4 lembar Daun Jeruk

– 2 buah jahe seukuran ibu jari

– Garam

– Gula

– Minyak

– Air

Cara membuat :

– Bersihkan daging kambing pada air mengalir. Lalu potong-potong kecil.

– Rebus air secukupnya pada panci untuk merebus daging kambing. Ketika sudah mendidih, masukkan daging kambing pada panci berisi air tersebut dan masak hingga setengah matang.

– Ketika daging kambing sudah setengah matang, tiriskan, lalu ganti air rebusan pada panci dengan air yang baru dan bersih. Kemudian masak lagi daging kambing hingga empuk. Jangan lupa tambahkan jahe yang telah digeprek dan daun jeruk untuk mengurangi aroma daging kambing yang khas itu.

– Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat dengan blender. Potong-potong daun bawang yang telah dicuci seukuran jari telunjuk.

– Tiriskan daging kambing yang telah matang dan empuk. Lalu panaskan sedikit minyak, dan tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga matang. Ketika bumbu sudah matang masukkan daging kambing ke dalamnya dan aduk hingga merata.

– Kemudian tambahkan gula, dan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan ukep hingga kandungan airnya menghilang agar bumbunya meresap.

– Tambahkan potongan daun bawang. Aduk-aduk hingga merata, koreksi rasanya apakah sudah pas. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.

Jadilah ‘ Daging Kambing Jahe Pedas’ yang siap dijadikan referensi mengolah daging qurban yang anda punya !

Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s