Referensi Menu Sehari-hari

Menu Serba Rp. 15.000,-

Oleh Nia Nayajomis

Episode Sayur Krispi Saus Telur Asin

Menu dengan kolaborasi saus telur asin memang sedang hits saat ini. Di ‘Referensi Menu Sehari-hari’ kali ini saya akan membuat ‘Sayur Krispi Saus Telur Asin’, bahan utamanya saya menggunakan brokoli dan terong yang dilapisi tepung krispi, pembaca sekalian bisa mengganti bahan utamanya dengan sayuran lain seperti buncis,dll. Bingung ? Yuk langsung simak saja resepnya !

Bahan :

– 1 buah brokoli @ Rp. 6.000,-

– 2 buah terong @ Rp. 2.000,-

– 2 butir telur asin @ Rp. 5.000,-

– 1 sachet tepung bumbu sajiku @ Rp. 2.000,-

– 1 batang daun bawang (saya ambil di kebun belakang rumah)

– 1 buah bawang putih

– 5 buah cabai

Cara membuat :

– Pertama, buat adonan tepung bumbu serbaguna merk sajiku dengan menambahkan air secukupnya. Setelah adonan jadi, campur dengan brokoli dan terong yang telah dipotong dan dibersihkan lalu aduk hingga terlumuri rata dengan adonan.

– Kedua, panaskan minyak pada wajan secukupnya untuk menggoreng brokoli dan terong. Setelah panas, goreng brokoli dan terong hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

– Ketiga, untuk membuat saus telur asin, cincang 4 siung bawang putih, iris 6 buah cabai, dan 1 tangkai daun bawang. Lalu belah menjadi 2 kedua butir telur asin tadi dan ambil kuningnya saja.

– Keempat, panaskan minyak secukupnya untuk menumis bawang putih dan cabai. Setelah panas, tumis kedua bahan tadi hingga matang, lalu masukkan kuning telur asin ke dalamnya. Aduk-aduk hingga kuning telur hancur setelah itu tambahkan air secukupnya agar kuning telur tersebut menyatu dengan bumbu-bumbunya. Terakhir masukkan potongan daun bawang, lalu aduk hingga saus mengental.

– Kelima, matikan kompor lalu campurkan brokoli dan terong krispi ke dalam saus telur asin tadi kemudian aduk hingga rata. Jadilah ‘Sayur Krispi Saus Telur Asin’ yang siap untuk disantap.

Sekian resep ‘Menu Serba Rp. 15.000,-‘ hari ini. Happy monday !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s