Referensi Menu Sehari-hari

Menu Serba Rp. 15.000,-

Oleh Nia Nayajomis

Episode Ikan Nener Sambalado

Selamat hari senin !

Bertemu kembali di ‘Referensi Menu Sehari-hari’ episode Ikan Nener Sambalado setelah hiatus hampir 2 bulan. Insyaallah setelah ini, saya akan kembali rutin menghadirkan konten ‘Referensi Menu Sehari-hari’.

Oke langsung saja kalau begitu ya, berikut ini adalah resep ‘Ikan Nener Sambalado’. Bagi yang tidak tahu ikan nener itu apa ? Ikan nener adalah anakan ikan bandeng, nener sendiri adalah sebutan orang jawa (aran) untuk anakan ikan bandeng.

Bahan :

– 2 kotak ikan nener @ Rp. 7.500,-

– 3 buah tomat

– 10 cabai (jumlah opsional)

– 5 buah bawang merah

– 5 buah bawang putih

– Garam

– Gula

– Minyak

Cara membuat :

– Bersihkan ikan nener. Lalu panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng ikan nener. Setelah panas, goreng ikan hingga kering.

– Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat dengan blender. Jangan lupa tambahkan sedikit air pada bumbu yang akan dihaluskan.

– Setelah ikan nener selesai di goreng, panaskan wajan tanpa minyak. Tuang bumbu halus ke dalamnya, masak sampai kandungan air menghilang.

– Setelah air pada bumbu hilang, tambahkan minyak secukupnya untuk menumis. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Koreksi rasa, jika sudah pas masukkan ikan nener goreng ke dalam bumbu tadi. Aduk hingga rata, lalu sajikan.

Ikan Nener Sambalado sudah siap disantap !

Sebenarnya saya membuat menu ikan berbumbu ini dengan bumbu tumis biasa tapi teknik pengolahan yang digunakan berbeda dari cara memasak tumis biasanya. Kenapa ? Karena cara pengolahan yang berbeda dari bumbu yang sama akan menghasilkan rasa yang berbeda. Itu salah satu filosofi memasak yang saya bagi juga di episode memasak kali ini.

Semoga bermanfaat !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s