Info, Spot, Ulasan

Pengalaman Pertama Membayar Pajak Kendaraan via Kantor Pos

Oleh Nia Nayajomis

Tanggal 17 Mei lalu adalah tenggat akhir pembayaran pajak kendaraan milik suami saya. Beberapa hari sebelumnya, saya sempat berbincang dengan salah seorang saudara. Di perbincangan tersebut saya sempat bercerita bahwa beberapa hari lagi akan pergi ke Bank Jatim Cabang Pembantu Dampit untuk membayarkan pajak kendaraan milik suami saya. Nah, di perbincangan itu pula saudara saya juga bercerita jika temannya kerap menggunakan jasa Kantor Pos untuk membayarkan pajak kendaraannya.

Sebuah informasi yang sudah saya tahu sebenarnya jika pajak kendaraan bisa dibayarkan via Kantor Pos. Tapi menarik rasa ingin tahu saya, seperti apa membayar pajak kendaraan lewat Kantor Pos ? Adakah bedanya lewat bank atau langsung ke polres ? Karena selama ini kebanyakan orang awam membayar pajak kendaraan lewat kantor pos.

Tanggal 16 Mei 2019, saya dan suami pergi ke Kantor Pos wilayah Ampelgading. Sampai di tempat dengan dominasi warna orange terang khas PT Pos Indonesia ini, suami saya langsung menghampiri meja pelayanan dan mengutarakan maksutnya untuk membayar pajak kendaraan kepada petugas. Setelah itu, ia pun menyerahkan STNK milik kendaraan GL-Pro dan KTP-nya pada petugas.

Seperti membayar pajak kendaraan di bank atau polres biasanya, prosesnya cepat kurang dari 10 menit. Sayangnya, kita masih perlu kembali lagi ke sana seminggu berikutnya untuk mengambil resi pembayaran yang asli. Saat pembayaran pajak kendaraan kita hanya diberi duplikatnya, nah seminggu berikutnya itulah kita tukarkan duplikat resi pembayaran itu dengan yang asli.

Untuk biaya, hampir sama. Hanya saja, ada tambahan biaya admin sebesar Rp. 5.000,- yang biasanya tidak dihitung ketika membayar di bank atau polres. Jadi sedikit mahal ketika membayar pajak kendaraan di Kantor Pos.

Tapi, membayar pajak kendaraan lewat kantor pos ini bisa menjadi alternatif lain untuk warga Ampelgading-Tirtoyudo yang jauh dari jangkauan Bank Jatim dan polres. Selain itu, sekarang Kantor Pos wilayah Ampelgading tidak hanya membuka jasa pelayanan di pusat ibu kota kecamatan saja. Tapi sekarang sudah dibuka cabang tempat pelayanan yang baru di daerah Desa Tamanasri tepatnya di pertigaan menuju arah Desa Tirtomarto dan Desa Lebakharjo. Yang mana jangkauannya lebih dekat lagi bagi warga Ampelgading bagian barat dan sekitarnya.

Saya sekarang, memang sedang gemar mengeskplor layanan masyarakat di daerah tempat tinggal saya lalu membagikan infonya lewat blog dan media sosial. Manfaatnya ? Agar pelayanan masyarakat lebih maksimal karena ketidakmaksimalan pelayanan masyarakat ini biasanya disebabkan kurangnya informasi.

Sekian cerita pengalaman saya dengan salah satu BUMN berlogo merpati ini ! See you next post šŸ˜Š

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s