Kuliner, Tren

Roti Kukus, Kudapan Sederhana yang Sedang Hits !

Oleh Nia Nayajomis

Sore ini, si Kecil sudah tidur. Sambil nungguin dia bobok, seperti biasa jemari saya menjelajah dunia lewat ponsel pintar saya. Scroll . . . Scroll . . . Saya menemukan postingan roti kukus dari bahan roti tawar yang di tata pada wadah bambu ala-ala bakpau dan dimsum. Ini yang kesekian kali saya menemukannya di instagram. Berarti panganan sederhana ini sedang hits dong !

Jauh sebelum saya menemukan postingan roti kukus seperti di atas, saya sudah membuat roti kukus semacam itu di rumah. Persis sekali cara membuatnya begitupula bahan yang digunakan yaitu roti tawar dengan isian keju dan kental manis coklat tapi saya tidak menambahkan olesan mentega di permukaan rotinya. Terakhir, saya malah membuatnya dengan kolaborasi isian yang cukup unik yaitu menggunakan bubuk Pop Ice rasa Alpukat dengan kental manis coklat.

Tapi jauh sebelum saya membuat roti kukus itu juga, di daerah tempat tinggal saya juga telah ada penjual roti yang dikukus, penampilannya cukup unik, dimana roti tawar yang dijual berbentuk pipih dengan dua sisi yang berbeda sisi pertama sama seperti roti tawar pada umumnya yaitu berwarna putih berpori. Sementara sisi lainnya memiliki permukaan halus berwarna coklat seperti ujung roti tawar yang pertama dipotong. Roti kukus yang satu ini disajikan dengan beragam isian selai seperti selai buah yaitu anggur, strawberry, dan anggur lalu selai kacang dan coklat. Harganya sangat murah, Rp. 1.000,- perlembar. Biasa saya temui di depan MTs dekat rumah saya.

Lalu setelah itu, saya menemukan postingan tentang roti kukus ini dengan varian yang lebih unik. Di sebuah postingan seorang food bloger dengan blognya http://www.nitalanaf.com memposting foto kudapan khas Thailand bernama ‘Sangkaya’ di akun instagramnya yang mana penampakan dari kudapan ini adalah roti kukus (penampilannya seperti bakpau yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian) disajikan di dalam wadah bambu seperti bakpau/dimsum ditambah dengan saus manis berwarna hijau.

Terakhir, ada rokupang alias roti kukus panggang menu baru dari Roti Big John yang sangat hits sebagai jajan dari Bandung. Roti kukus yang satu ini menggunakan roti pandan atau disebut kuro dengan rasa manis sebagai ciri khasnya. Varian rasanya ada milo, matcha, oreo, dan masih banyak lagi.

Jadi, roti kukus yang sudah saya ulas di postingan sebelumnya ini adalah satu diantara makanan yang sedang hits dong ! Mau pakai jenis roti apapun dan kreasi bagaimanapun tetap saja namanya roti kukus dengan rasa manisnya yang khas !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s