Tips & Trik

Tips Menggunakan Alat Ukir Elektrik

Oleh Nia Nayajomis

Sering menemukan benda seperti ini wara-wari di beranda facebook atau instagram yang ditawarkan oleh akun online shope ? Yah, benda yang mirip pulpen ini adalah alat ukir elektrik untuk memberi nama atau tanda pada barang-barang kita di rumah agar tidak tertukar dengan barang milik orang lain.
Biasanya untuk membuat nama pada piring, sendok, atau beragam perkakas rumah tangga di rumah, kita membayar jasa tukang ukir nama yang biasa keliling di daerah rumah kita. Biasanya harga jasa yang ditawarkan Rp. 500,- per benda yang diberi nama atau tanda.

Kadang ketika kita membutuhkan jasa ukir nama seperti ini, tapi si penyedia jasa kebetulan tidak lewat di depan rumah menawarkan jasa. Alat ukir elektrik yang praktis karena hanya menggunakan baterai ini sepertinya bisa jadi pilihan.
Selain harganya yang hanya Rp. 25.000,- , alat ukir ini sangat mudah dan aman penggunaannya karena cukup menekan tombol kecil berwarna putih dibagian batangnya yang berwarna biru, kita bisa langsung menggoreskan tanda atau huruf pada benda yang akan diukir.

Nah, saya kemarin habis mencoba produk ini di rumah, memang sangat mudah penggunaannya bisa digunakan untuk mengukir pada benda dengan beragam bahan mulai stainless steel, plastik, kayu, hingga kaca. Tapi perlu ada kiat-kiat khusus agar ukiran nama yang dihasilkan bagus yaitu :

1. Ketika mengukir cukup satu kali gores, apabila ada kesalahan atau kurang puas dengan hasilnya jangan diulang karena akan memperburuk hasil yang sebelumnya.

2. Ketika mengukir nama, gunakan huruf kapital/besar saja. Karena penggunaan huruf besar lebih mudah daripada huruf kecil.

Selain untuk mengukir nama atau tanda pada benda, alat ukir elektrik ini juga bisa digunakan untuk membuat kerajinan seni seperti ornamen, kaligrafi, dan sebagainya.

Ingin mencobanya ? Anda bisa mendapatkannya di online shop-online shop terdekat, semoga tips yang saya berikan juga bermanfaat !
Happy trying

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s