Info, Spot

E-KTP Sudah Bisa dibuat di Kantor Kecamatan

Oleh Nia Nayajomis

Bagi warga yang belum memiliki KTP Elektronik/E-KTP atau yang sudah memiliki KTP sementara yang hanya berlaku selama 6 bulan atau ingin memperbarui E-KTP karena ada perubahan seperti status dan tempat tinggal pasti mengira E-KTP hanya bisa dicetak di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ?

Membayangkan bagaimana antrinya bersama ratusan warga dari kecamatan-kecamatan lain tentu rasanya malas sekali, belum lagi jika tak ingin mengantri lama di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kita harus berangkat lebih pagi untuk mengambil nomor antrian. Syukur-syukur jika bisa mendapatkan nomor antrian dengan jumlah yang sedikit.

Tapi sekarang jangan khawatir, pembaca sekalian bisa merekam data dan mencetak E-KTP di kantor kecamatan tempat kalian berdomisili. Tapi tetap ya persyaratan seperti fotocopy Kartu Keluarga (KK), KTP lama (jika ingin memperbarui), blanko pembuatan KTP, surat pengantar KTP dari kecamatan, serta berbagai persyaratan pembuatan KTP yang disesuaikan dengan kebutuhan harus disetorkan langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Barulah setelah itu bisa membuat E-KTP di kantor kecamatan tempat kita berdomisili.

Meskipun bisa membuat E-KTP di kantor kecamatan, kita tidak bisa langsung menerimanya. Kita masih harus menunggu satu bulan baru jadi, dari pihak kantor kecamatan akan memberikan slip pengambilan yang tertera nama si pembuat E-KTP dan waktu pengambilan.

Sayangnya, berita menggembirakan ini tidak disosialisasikan secara terpadu di wilayah Kecamatan Ampelgading – Kabupaten Malang oleh pihak pemerintah daerah setempat. Alhasil, tak banyak orang yang tahu jika E-KTP bisa dibuat di kantor kecamatan. Adapun yang mengetahui informasi ini hanya sebagian orang itupun mereka mengetahuinya hanya dari mulut ke mulut.

Padahal di daerah lain seperti Kecamatan Dampit yang bertetangga dengan Kecamatan Ampelgading yang juga di bawah naungan pemerintahan Kabupaten Malang telah mensosialisasikan pada warganya bahwa E-KTP bisa dicetak di kantor kecamatan. Kelurahan Dampit, bahkan menugaskan kepada pemerintah wilayahnya seperti RT dan RW untuk mengkolektif persyaratan untuk membuat E-KTP lalu menyalurkannya kepada pihak yang berwenang. Hasilnya, banyak warga di Kelurahan Dampit yang telah memiliki E-KTP. Mengambilnya cukup ke rumah RW tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Semoga, lewat postingan ini teman-teman pembaca menjadi tahu informasi jika E-KTP bisa di buat di kantor kecamatan dimana kalian tinggal, atau jika pembaca sudah tahu bisa menginformasikan kepada orang-orang di sekitar kalian yang belum tahu, misal saudara, teman, ataupun tetangga rumah. Karena kepemilikan E-KTP ini sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia. Semoga bermanfaat !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s