Kuliner, Tips & Trik

Bawang Daun Pengganti Bawang Bombai untuk Isian Burger atau Sandwich

Oleh Nia Nayajomis

Bagi penghobi masak, pasti tak asing dengan bawang daun atau biasa deisebut juga daun bawang dan bawang bombai. Yah, kedua jenis bawang ini kerap kita gunakan untuk memasak. Tapi penggunaannya cenderung berbeda pada jenis masakannya, bawang daun lebih banyak digunakan pada eastern food sedangkan bawang bombai lebih banyak digunakan pada western food.

Nah, untuk daerah pedesaan seperti tempat tinggal saya, bawang bombai ini cukup langka karena jarang dijual oleh tukang sayur. Sedangkan paling banyak dijumpai bahkan bisa diperoleh secara gratis adalah bawang daun karena banyak warga desa yang menanamnya sendiri di pekarangan rumah. Pada dasarnya memang orang-orang di daerah seperti saya lebih sering menggunakan bawang merah dan bawang putih dalam memasak makanan sehari-hari.

Nah saya punya tips untuk pembaca sekalian yang hendak membuat burger atau sandwich namun tak punya bawang bombai, pembaca sekalian bisa menggantinya dengan menggunakan bawang daun. Seperti yang saya lakukan kemarin, saya membuat sandwich dengan isian telur dadar, untuk irisan bawang bombainya saya ganti dengan irisan daun bawang. Yang mana, irisan daun bawang tersebut ditambahkan pada telur dadar itu. Semakin banyak irisan daun bawangnya rasanya semakin enak dan gurih. Hasilnya ? Rasa sandwichnya sama seperti menggunakan bawang bombai.

Rasa dari daun bawang dan bawang bombai menurut saya sama, tidak kuat seperti bawang merah. Begitupula aromanya. Jadi bisalah daun bawang ini dijadikan pengganti bawang bombai apabila tidak tersedia. Bagaimana, pembaca sekalian tertarik untuk mencobanya ? Selamat mencoba !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s