Kuliner, Resep Masakan

Rokupang ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Makanan itu seperti mode, tidak pernah habis inovasi yang diciptkannya. Maklum saja, keduanya memang kebutuhan primer manusia yang mutlak ada sepanjang masa.

Nah, beberapa waktu lalu sempat hits jajanan dari roti yang sekilas mirip dengan burger, roti panggang, dan martabak, yaitu roti jhon. Yang merupakan roti panggang dengan isian kocokan telur dengan tambahab daun bawang (mirip martabak) dan ditambahkan dengan parutan keju, saus, mayonaise, dan smoke beef (burger).

Dan yang terbaru, muncul variasi dari menu roti jhon ini yaitu rokupang yang merupakan akronim dari ‘roti kukus dan panggang’ yang mana, roti kukus yang terbuat dari roti pandan diisi dengan isian manis seperti remahan oreo, nutela, dan milo atau gabungan dari ketiganya yang kemudian dikukus. Sedangkan roti panggang yang juga terbuat dari roti pandan diisi dengan isian berasa asin yang kurang lebih isi dan cara membuatnya sama seperti roti jhon.

Nah, dipostingan kali ini saya ingin membuat duplikasi dari roti kukus dan panggang tersebut. Tentu saja dengan kreativitas saya dan bahan yang ada dan mudah didapat. Kalau begitu langsung saja disimak resepnya berikut ini :

* Roti Kukus

Bahan :

– 2 lembar roti tawar

– 1 bungkus kental manis coklat

– 1 bungkus pop ice rasa alpukat (bisa diganti dengan jenis isian lain)

Cara membuat :

– Siapkan 2 lembar roti tawar, beri taburan bubuk pop ice rasa alpukat secara merata pada salah satu lembaran roti, kemudian tambahkan taburan kental manis. Setelah itu tutup dengan lembaran roti yang lain.

– Kukus selama kurang lebih 3 menit, lalu angkat dan sajikan.

* Roti Panggang

Bahan :

– 2 lembar roti tawar

– 1 buah sosis

– 1 butir telur

– 1 tangkai daun bawang

– 1 sachet saos sambal

– Margarin

Cara membuat :

– Iris-iris daun bawang dan sosis. Pecahkan telur lalu kocok hingga merata, kemudian campurkan irisan daun bawang dan sosis.

– Panaskan sedikit margarin diatas teflon dengan api kecil, kemudian dadar separuh kocokan telur berisi sosis dan daun bawang tadi (jika anda menyukai keju, anda bisa juga menambahkannya)

– Ketika telur setengah matang, taruh selembar roti di atasnya. Oleskan margarin di permukaan roti tawar bagian atas secara merata. Kemudian balik roti yang telah berlapis telur tadi.

– Oleskan saos sambal di seluruh permukaan roti yang berlapis telur (jika memiliki mayonaise manis, bisa ditambahkan juga). Tambahkan irisan tomat (jika memiliki sayur selada juga bisa ditambahkan). Kemudian lipat, angkat dan sajikan. Ulangi langkah di atas pada lembar roti yang satunya lagi.

Roti kukus dan panggang siap di nikmati !

Mudah dan praktis bukan cara membuat, saya menggunakan bahan seadanya tapi insyaallah rasanya tak jauh beda dengan yang asli.

Happy weekend 😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s