Kuliner, Tips & Trik, Ulasan

Teori Memasak ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Salah satu kekhawatiran perempuan zaman sekarang yang hendak menikah adalah kemampuan memasak mereka yang minim. Selain karena kemampuan memasak ini menjadi nilai plus-minus bagi sang calon suami dan calon mertua terhadap mereka, kemampuan memasak ini memang menjadi kemampuan yang harus mutlak ada pada diri perempuan yang sudah berumah tangga.

Dalam pengalaman saya, yang juga merupakan ibu rumah tangga baru, semua perempuan sebenarnya bisa memasak sekalipun hanya bisa membuat telur dadar. Yang kita tidak bisa adalah teknik memasaknya, yang mana dari teknik ini membuat rasa dari makanan yang dimasak menjadi enak.

Seperti pengalaman saya hari ini. Hari ini, saya membuat menu bihun goreng bumbu sambal goreng. Sebelumnya saya belum pernah membuat menu ini, tapi karena saya suka dengan menu ini jadi saya mengharuskan diri saya ini bisa memasaknya sendiri.

Saya tahu bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat masakan ini, bagaimana cara membuatnya, dan hasilnya saya bisa membuatnya. Tapi ada satu yang kurang, rasa dari bihun goreng buatan saya ini kurang otentik seperti buatan ibu saya dan lagi rasa bumbunya agak kurang matang. Setelah dicicipi oleh ibu saya, ditemukanlah letak kesalahannya. Ternyata teknik memasak bumbu saya salah. Harusnya jika cara menghaluskan bumbunya dengan diblender, saya menumis bumbunya tanpa minyak goreng terlebih dahulu, baru ketika kandungan air di dalam bumbu yang saya tumis itu hilang, saya tambahkan minyak.

Nah disinilah ketidakmampuan kita dalam memasak, kita tidak menguasai teknik memasaknya. Nah jangan salah lagi menilai diri sendiri ya Mom, kita semua ini bisa memasak hanya saja kita perlu belajar lebih dalam lagi agar masakan yang kita buat itu rasanya enak. Dan yang jadi PR kita adalah kita harus belajar teknik memasaknya itu tadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s