Kuliner, Murah, Tips & Trik

Trik Membuat Jus yang Hemat dan Banyak ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Kemarin, saya membuat jus dari sebuah mangga gadung kecil yang menghasilkan 3 gelas sedang dan 1 gelas besar jus. Ketika saya posting ke akun media sosial saya, teman-teman saya bertanya bagaimana agar bisa membuat jus dalam jumlah yang cukup banyak dengan buah yang sedikit ? Nah dipostingan ini saya akan membagikan triknya, yuk disimak sama-sama !

Pada dasarnya, jus adalah minuman rasa buah. Agar rasa manisnya sempurna tetap menggunakan tambahan gula. Di jus yang saya buat ini agar hasilnya lebih banyak saya mengandalkan takaran gula, dan air tentunya sedangkan buah hanya sebagai aroma dan perasa (buah).

Sehingga minuman jus ala saya ini hanya sekedar minuman penghilang haus, kurang cocok apabila dimanfaatkan bagi kesehatan atau program diet karena kandungan buah apalagi nutrisinya yang lebih sedikit.

Setidaknya meskipun manfaatnya hanya sebatas penghilang dahaga, mungkin tips membuat jus ini bisa pembaca sekalian jadikan referensi dalam membuat kudapan segar atau stok minuman di dalam kulkas. Berikut sedikit kiat-kiat membuat jus ala Nia Nayajomis :

Untuk buah berukuran besar seperti melon, bisa menggunakan 1/8 potong buah. Sedangkan buah berukuran sedang seperti mangga atau buah naga, bisa menggunakan 1/2 sampai 1 buah. Dan buah berukuran kecil seperti jeruk atau apel bisa menggunakan 1 atau 2 buah saja.

Sedangkan takaran airnya maksimal sampai 2 strip dari atas dinding blender (saya juga kurang paham berapa persis takarannya, yang jelas biasanya saya berpedoman pada strip yang tertera di dinding blender).

– Dan untuk takaran gulanya sudah pasti diberi lebih banyak seperti yang saya sampaikan di atas. Tapi saya tetap berpedoman pasa takaran, saya menggunakan erus (centong sayur) dengan diameter paling kecil. Untuk membuat jus, saya menggunakan 3 erus gula pasir. Berapa takarannya secara persis, saya juga kurang paham, tapi insyaallah rasa manisnya pas.

Dari takaran buah, air, dan gula yang digunakan seperti yang saya sampaikan jus yang dihasilkan bisa 4 sampai 5 gelas berukuran sedang.

Sebenarnya, membuat jus ala saya ini sama seperti membuat jus pada umumnya. Hanya saja di postingan ini saya menyampaikan kiat-kiatnya saja agar lebih hemat dan hasilnya lebih banyak. Nah, apakah pembaca sekalian tertarik untuk mencobanya ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s