Info, Spot

Bius Oles dengan Rasa Buah, Solusi Cabut Gigi yang Nggak Bikin si Kecil Takut ke Dokter Gigi

Oleh Nia Nayajomis

Karies gigi adalah salah satu gangguan kesehatan gigi pada anak yang membuat orang tua cukup pusing mengatasinya. Bagaimana tidak, dari sakit gigi yang membuat anak tak nafsu makan, pertumbuhan gigi yang tidak sesuai, hingga gigi susu yang sulit tanggal adalah segelintir efek dari karies gigi.

Akhirnya, orang tuapun berinisitif membawa anak ke dokter gigi untuk mengatasi permasalahan gigi semacam itu. Namun, stigma mencabut gigi ke dokter yang sakit karena harus di suntik bius pada gusi menjadikan anak takut. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga enggan untuk pergi ke dokter gigi karena hal tersebut.

Tapi, sekarang ada solusi untuk mengatasi ketakutan anak mencabut gigi ke dokter. Yaitu penggunaan bius oles yang memiliki rasa buah. Yang mana bius untuk mencabut gigi tersebut penggunaanya hanya dioleskan ke setiap gigi yang hendak dicabut. Jadi saat gigi akan dicabut, selain tak perlu merasa takut dan sakit disuntik, rasa buah yang terasa dari bius oles ini juga memberikan efek menyenangkan pada anak.

Seperti pengalaman anak tetangga saya sore kemarin. Namanya Rere, bocah laki-laki yang usianya baru 5 tahun ini memiliki masalah gigi yang mana gigi seri bagian bawahnya keburu tumbuh, padahal gigi susunya belum tanggal. Bahkan tak ada tanda-tanda hendak tanggal. Akhirnya karena takut pertumbuhan gigi barunya terganggu, orang tuanya pun membawa Rere ke dokter gigi.

Di sana, gigi Rere dicabut dengan metode bius oles. Yang mana sebelum dicabut, gigi Rere diolesi bius dengan rasa bua strawberry. Barulah kemudian sang Dokter yang akrab disapa Bu Ida ini mulai mencabut gigi seri bagian bawah Rere yang lama itu tanpa rasa sakit sedikitpun. Kurang dari satu jam gigi susu Rere sudah tanggal.

Sayangnya, layanan mencabut gigi menggunakan metode bius oles ini tidak tersedia di puskesmas. Bu Ida, sang Dokter Gigi hanya menyediakan layanan cabut gigi dengan metode ini di tempat praktik pribadinya, di rumahnya yang berada di wilayah Tangsi, Kecamatan Tiroyudo. Kira-kira seratus meter sebelum pertigaan Tangsi.

Untuk biaya yang harus dikeluarkan agak lebih mahal untuk layanan mencabut gigi dengan metode bius oles ini. Yaitu Rp. 75.000,- per gigi yang hendak dicabut. Untuk waktu praktiknya sore hari di hari senin sampai jum’at karena siang hari beliau masih bertugas di Puskesmas Tirtoyudo. Pembaca sekalian bisa juga menghubungi beliau di nomor 081233332783 untuk reservasi layanan.

Jadi untuk para orang tua, jangan khawatir lagi jika anak bermasalah dengan cabut gigi ke dokter, karena sekarang cabut gigi tidak lagi menakutkan apalagi menyakitkan !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s