Kuliner, Tips & Trik, Tren

Menu Geprek, Solusi Jajan Pas Lagi Bokek

Oleh Nia Nayajomis

Sebagai ibu rumah tangga tentu menghemat pengeluaran adalah salah satu hal yang mutlak harus saya kuasai. Semuanya dilakukan semata-mata hanya agar semua kebutuhan rumah tangga terpenuhi.

Berbagai cara pun digunakan untuk mensiasati agar pengeluaran dapat ditekan. Salah satunya ketika saya dan suami ingin jajan. Sebisa mungkin tidak membeli makanan yang bisa dibuat sendiri. Misalnya membuat ayam geprek, yang notabennya adalah makanan yang sedang hits saat ini dimana sekarang restoran dan rumah makan rata-rata menyajikan menu yang satu ini dengan harga dan paket yang murah.

Jika membeli seporsi ayam geprek di daerah saya Rp. 10.000,- maka jika membeli 2 porsi untuk saya dan suami berarti harus merogoh kocek Rp. 20.000,-. Jika difikir-fikir saya sangat sayang mengeluarkan uang Rp. 20.000,- untuk sekali makan. Padahal jika dibelanjakan bahan makanan untuk diolah sendiri di rumah, saya bisa membuat dua macam menu yang bisa dinikmati sekeluarga tiga kali sehari.

Alhasil saya pun mensiasatinya dengan membuat ayam geprek sendiri di rumah. Dengan uang Rp. 20.000,- saya bisa mendapatkan setengah kilogram daging ayam bagian dada yang ukurannya cukup besar dan sebuah paha. Itupun saya masih memperoleh uang kembali sebesar Rp. 5.000,- yang mana dari kembalian tersebut bisa saya buat untuk membeli lalapan berubah 3 buah mentimun dan 1 ikat kemangi. Fyi, untuk bumbu dan minyak saya sudah punya stok sendiri rumah.

Dari setengah kilogram daging ayam tadi, saya bisa menjadikannya 5-6 bagian. Yang mana jika saya dan suami memakannya hanya satu potong per makan 3 kali sehari berarti dari uang Rp. 20.000,- tadi saya sudah bisa menikmati 3 porsi ayam geprek termasuk suami saya juga.

Praktis dan hemat bukan ? Kadang jika ingin praktis saja untuk mensiasati keinginan jajan atau makan di luar, saya meminta suami untuk membeli kentaki jadi sepulang bekerja. Dengan uang Rp. 18.000,- suami saya sudah memperoleh 4 potong ayam goreng bagian dada. Lalu dibuatkan sambal bawang atau sambal lain sendiri di rumah jika punya stok lalapan bisa ditambahkan lalapan juga, paling tidak saya dan suami sudah bisa menikmati 2 porsi ayam geprek hanya dengan Rp. 18.000,- saja.

Atau jika ingin lebih hemat dan praktis lagi, kita bisa membuat menu telor geprek. Cukup dengan 2 butir telur dan satu bungkus tepung bumbu sajiku kita bisa menikmati menu geprek. Cara membuatnya sama dengan ayam geprek. Hanya saja untuk telor geprek kita masih perlu membuat telor dadar terlebih dahulu. Selengkapnya bisa dicari di google.

So simple to do !

Jajan nggak harus beli makanan di luar rumah ya Bu, kita bisa kok bikin jajan sendiri di rumah malah bisa buat menu makan sehari-hari contohnya bikin ragam menu geprek. Bolehlah sekali-kali jajan di luar, tapi jangan keseringan. Kalau bisa bikin sendiri dengan budget yang lebih hemat, kenapa harus beli ? Toh rasanya juga nggak jauh beda.

Yuk jadi ibu yang kreatif !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s