Kuliner, Resep Masakan

Cilok Tahu Bumbu Masako

Oleh Nia Nayajomis

Saat bulan puasa kemarin, saya diberi makanan oleh saudara saya yaitu sepiring cilok tahu. Karena rasanya berbeda dari cilok tahu biasanya serta cara membuatnya yang sangat sederhana, maka dari itu dipostingan kali ini saya hendak berbagi resep dan testimoninya kepada pembaca sekalian.

Yang membuat rasa cilok tahu buatan saudara saya ini berbeda dari biasanya, adalah bumbu yang digunakan, beliau hanya menggunakan bumbu penyedap instan masako. Yah, mungkin cilok-cilok tahu maupun cilok biasa yang berbentuk bulat yang sering kita temui itu juga menggunakan bumbu masak tapi pasti ada bumbu tambahan lainnya.

Nah untuk lebih jelasnya berikut resep dan cara membuat cilok tahu bumbu masako yang saya peroleh dari saudara saya :

* Bahan-bahan :

  1. 20 buah tahu coklat ukuran sedang
  2. 1 bungkus tepung kanji kemasan 2000an
  3. 200 gram tepung terigu
  4. 3 buah wortel kecil
  5. 1 sachet masako
  6. 3 lembar daun bawang
  7. Air

Cara membuat :

  • Tuang tepung kanji dan tepung terigu ke dalam mangkuk. Campurkan air secukupnya kemudian aduk rata hingga membentuk adonan.
  • Potong-potong kecil wortel dan daun bawang. Untuk campuran isian, wortel bisa diganti dengan bahan lain sesuai selera misalnya daging, telur puyuh rebus, atau sayuran lain.
  • Setelah itu campurkan potongan wortel dan daun bawang ke dalam adonan tepung. Lalu tambahkan pula masako. Kemudian aduk kembali hingga merata.
  • Setelah adonan jadi, belah bagian tengah tahu. Kemudian isikan secukupnya adonan tepung ke dalam tahu. Ulangi langkah tersebut hingga semua tahu terisi adonan.
  • Setelah semua tahu terisi adonan, siapkan panci pengukus yang telah diisi air kemudian tanak beberapa saat. Ketika air dalam panci mulai mendidih, masukkan cilok tahu tersebut pada panci pengukus. Tanak selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu angkat dan sajikan.

Sederhana dan mudah bukan cara membuat serta bahan-bahan pembuatannya ? Resep di atas bisa pembaca jadikan referensi untuk membuat camilan bagi keluarga di rumah terutama saat cuaca dingin.

Selamat mencoba !

Iklan

2 tanggapan untuk “Cilok Tahu Bumbu Masako”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s