Kuliner, Tren

Memperingati Maulud Nabi dengan Sajian Ketan Kekinian

Oleh Nia Nayajomis

Bulan Maulud, dikenal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad saw., yang mana biasanya setiap tanggal 12 maulud diperingati sebagai hari kelahiran nabi junjungan umat Islam ini.

Di Indonesia, ada beragam tradisi untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw. yang mana setiap daerah punya tradisinya masing-masing. Salah satunya di daerah tempat tinggal saya. Di daerah saya, maulud nabi diperingati dengan kenduri di masjid atau surau yang berada di setiap kampung.

Penduduk kampung biasanya membawa makanan berupa nasi dengan lauk, buah, atau ketan kukus dengan beragam toping mulai dari bubuk kedelai hingga kinca kelapa. Setelah itu diadakan do’a bersama dan berbagi makanan yang mereka bawa.

Nah, adanya sajian ketan kukus yang khas di tradisi mauludan ini saya ingin mencoba berinovasi dengan menyajikan sajian ketan kekinian seperti ‘mango sticky rice’ dan ‘mak tie ketan susu’ yang viral di media sosial akhir-akhir ini. Sebenarnya makanan ini sudah familiar di daerah kita, biasanya kita menyebutnya angsle, sama-sama berbahan ketan dan kuah santan yang manis, angsle lebih banyak isiannya yaitu lkacang hijau, potongan roti tawar, mutiara, dan peto ulo.

Mango sticki rice sendiri sebenarnya makanan dari Thailand berupa ketan yang disantap dengan potongan mangga dan kuah santan yang manis. Sedangkan Maktie alias ketan susu ini kudapan khas dari warung kopi yang mungkin sudah tidak asing lagi di pengetahuan kita, tapi akhir-akhir ini para pengusaha warung kopi mengkreasikannya dengan menambahkan meises, parutan keju, selai, hingga biskuit oreo.

Meskipun sajiannya tak lazim dari biasanya, semoga tak mengurangi spirit positive memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw 🙏

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s