Kuliner, Resep Masakan

Sup Ayam Lengkuas ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Hari ini cuaca di daerah tempat tinggal saya cukup berawan dan dingin, bertepatan malam takbir hari raya idul adha, di rumah menyembelih ayam kampung peliharaan sendiri .

Biasanya saya menyisihkan beberapa potong untuk diolah menjadi ayam bakar. Karena bosan dan cuaca yang mendukung untuk menyantap makanan yang hangat-hangat saya pun mengolah ayam kampung kali ini menjadi sup. Tidak terinspirasi atau menduplikasi dari kreasi menu yang pernah saya lihat sebelumnya, menu sup ayam kali ini murni saya buat dengan mengandalkan intuisi saya yang ingin menyantap sup ala-ala hidangan Korea yang biasa saya lihat di drama Korea.

Yang jelas, saya menginginkan sup kreasi saya ini bercita rasa dan beraroma khas lengkuas. Jadilah ‘Sup Ayam Lengkuas’. Untuk lebih ringkasnya berikut resep menu kreasi terbaru saya kali ini :

Alat dan bahan :

– 2 potong ayam

– 500 ml air

– 3 lembar kol

– 1 buah tomat

– 1 buah cabe merah besar

– 2 tangkai daun bawang kecil

– 2 ruas lengkuas

– 3 siung bawang putih

– Garam

Cara membuat :

– Rebus 500 ml air pada panci hingga mendidih. Geprek 3 siung bawang putih dan 2 ruas lengkuas, setelah itu masukan ke dalam air mendidih bersama 2 potong ayam.

– Tunggu beberapa saat hingga ayam mengeluarkan kaldunya, baru masukkan tomat, cabe merah besar, dan daun bawang yang telah dipotong-potong. Aduk hingga tercampur rata.

– Setelah itu masukkan potongan kol, tambahkan garam secukupnya, cicipi apakah rasanya sudah pas asinnya, jika sudah matikan kompor, angkat, dan sajikan.

Jadilah ‘Sup Ayam Lengkuas’ ala Nia Nayajomis !

Untuk rasanya ? Yang jelas gurih, segar, dan enak tentunya. Selain itu baik bagi kesehatan karena menggunakan ayam kampung, sayuran dan yang pasti tidak memakai MSG. Bagaimana ? Tertarik untuk mencoba ? Monggo, caranya sangat simpel dan mudah terutama bagi pemula yang baru belajar memasak !

Happy cooking !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s