Kuliner, Ulasan

Soto Ayam Kuah Santan, Soto khas Blitar

Oleh Nia Nayajomis

Bagi kita, soto dengan kuah santan mungkin familiar dengan soto betawi, atau soto tangkar. Tapi tahukah anda, bahwa kota Blitar juga memiliki soto khas yang berkuah santan ? Tapi yang jelas isinya berbeda dengan kebanyakan soto berkuah santan pada umumnya yang menggunakan daging atau jeroan sapi.

Saya sendiri juga baru tahu jika Blitar punya soto khas. Sampai suatu saat saya memiliki keinginan membuat soto ayam berkuah santan. Mengetahui keinginan saya tersebut ibu saya lantas bercerita bahwa ia pernah disuguhi soto ayam berkuah santan ketika berkunjung ke salah seorang kerabat yang berada di Blitar.

Saya pun lantas mencoba mencari tahu lewat google tentang hubungan soto ayam berkuah santan dengan kota Blitar itu. Dan, google menyatakan soto ayam kuah santan ini adalah soto khas Blitar. Terus terang saya baru tahu, karena selama ini yang familiar di pengetahuan saya maupun pembaca sekalian mungkin adalah soto lamongan, dan soto betawi.

Secara tampilan, dan isi soto Blitar, hampir sama seperti soto Lamongan ataupun soto ayam yang ada di Jawa Timur pada umumnya. Yang mana memiliki kuah berwarna kuning, dengan irisan daging ayam, telur rebus, mie soun, keripik kentang, potongan jeruk nipis, touge, dan seledri serta sambal. Bedanya soto Blitar tidak memakai koya karena telah menggunakan tambahan santan pada kuahnya.

Untuk rasa hampir sama dengan soto ayam yang sering kita makan selama ini. Jika biasanya rasa gurih dari soto ditambah dari koya yang kuat, soto Blitar lebih kalem gurihnya karena penggunaan santan itu tadi.

Karena cara membuatnya yang sama seperti membuat soto ayam biasanya, saya pun minggu lalu mempraktikkannya untuk menu makan pada hari itu. Dan hasilnya memuaskan, karena semua keluarga suka dan menikmatinya.

Jadi, bisalah kuliner soto ayam kuah santan ini dijadikan daftar menu yang patut dicoba ketika berkunjung ke kota Bung Karno, selain itu cara membuat menunya yang mudah bisa pula dijadikan variasi menu pengisi meja makan di rumah.

Happy cooking!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s