Kuliner, Resep Masakan

Brokoli Krispi Saus Telur Asin

Oleh Nia Nayajomis

Hari ini saya sebenarnya ingin memasak ‘Sambal Goreng Brokoli Krispi’ yang resepnya sudah saya bagi pada postingan sebelumnya, tapi tiba-tiba saya terinspirasi untuk mengganti saus sambal gorengnya dengan saus telur asin yang sedang hits saat ini itu.

Jadilah saya menitip 2 butir telur asin ke suami saya yang kebetulan sedang bepergian keluar rumah supaya dibelikan guna mensukseskan acara masak saya hari ini.

Begitu suami saya datang membawa telur asin pesanan saya, saya pun langsung bergegas mengolahnya. Mula-mula saya mengolah brokoli krispinya terlebih dahulu baru saus telur asinnya. Untuk resep lengkapnya, berikut ini inspirasi masak saya hari ini :

* Alat dan Bahan

– 2 buah Brokoli

– 1 bungkus tepung bumbu serba guna merk sajiku

– 2 butir telur asin

– 4 siung bawang putih

– 1 tangkai daun bawang kecil

– 6 buah cabai

– Minyak

– Air

– Gula

– Garam

Cara membuat :

– Pertama, buat adonan tepung bumbu serbaguna merk sajiku dengan menambahkan air secukupnya. Setelah adonan jadi, campur dengan brokoli yang telah dipotong dan dibersihkan lalu aduk hingga brokoli terlumuri rata dengan adonan.

– Kedua, panaskan minyak pada wajan secukupnya untuk menggoreng brokoli. Setelah panas, goreng brokoli hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

– Ketiga, untuk membuat saus telur asin, cincang 4 siung bawang putih, iris 6 buah cabai, dan 1 tangkai daun bawang. Lalu belah menjadi 2 kedua butir telur asin tadi dan ambil kuningnya saja.

– Keempat, panaskan minyak secukupnya untuk menumis bawang putih dan cabai. Setelah panas, tumis kedua bahan tadi hingga matang, lalu masukkan kuning telur asin ke dalamnya. Aduk-aduk hingga kuning telur hancur setelah itu tambahkan air secukupnya agar kuning telur tersebut menyatu dengan bumbu-bumbunya. Terakhir masukkan potongan daun bawang, lalu aduk hingga saus mengental.

– Kelima, matikan kompor lalu campurkan brokoli krispi ke dalam saus telur asin tadi kemudian aduk hingga rata. Jadilah ‘Brokoli Krispi Saus Telur Asin’ yang siap untul disantap.

Menu ini hampir sama seperti membuat ‘Sambal Goreng Brokoli Krispi’ hanya jenis sausnya saja yang berbeda. Tapi kalau menurut saya, membuat ‘Brokoli Krispi Saus Telur Asin’ lebih sederhana karena penggunaan bumbunya yang lebih sedikit.

Untuk rasanya sudah jelas berbeda dengan ‘Sambal Goreng Brokoli Krispi’. Berbeda rasa ini dari segi saus yang digunakan. Untuk rasa brokoli krispinya sama-sama enaknya baik di campur dengan saus sambal goreng maupun saus telur asin.

Cita rasa dari menu ‘Brokoli Krispi Saus Telur Asin’ ini lebih kalem karena sausnya hanya menggunakan bumbu bawang putih selain itu rasanya juga creamy karena menggunakan kuning telur bebek yang besar. Untuk penambahan rasa pedasnya bisa disesuaikan dengan selera. Bisa menggunakan cabai atau merica.

Penggunaan telur asin sebagai saus sebenarnya tidak memberikan cita rasa asin seperti rasa dari telur asin itu sendiri. Karena kuning dari telur asin yang digunakan tidak memiliki rasa apapun alias hambar. Penggunaan kuning telurnya hanya memberi sensasi creamy dan gurih. Jadi, sebenarnya kita bisa menggunakan kuning telur ayam, hanya saja saus yang dihasilkan tidak se-creamy dan kental seperti ketika menggunakan telur asin ataupun telur bebek dan sejenisnya.

Yang jelas varian saus sambal dengan nama beken salted egg ini enak dan gurih. Cocok untuk menu makan dirumah maupun untuk bekal. Selain itu cara membuatnya juga sangat mudah.

Happy cooking !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s