Tren, Ulasan

Gelang Dringu-Bawang & Benang Telon, Gelang Mistik Kekinian

Oleh Nia Nayajomis

Tren, baik fashion maupun gaya hidup memang tidak ada habisnya, dan terus berkembang di masyarakat. Seperti halnya gelang dringu-bawang dan benang telon yang dulunya identik dan hanya digunakan bayi dan ibu hamil untuk menangkal sawan dan hal-hal ghaib sekarang sedang tren, yang mana semua kalangan menggunakannya.

Biasanya, dringu-bawang dikaitkan pada peniti yang kemudian disematkan pada bagian baju bayi atau ibu hamil, sedangkan gelang benang telon yang terdiri dari benang berwarna hitam, merah, dan putih biasanya dirajut menjadi gelang dan dipakaikan pada bayi.

Entah siapa penemunya, saya sudah mencarinya di google tapi tidak ketemu, ada yang membuat inovasi dari benda yang dikaitkan dengan hal mistik ini menjadi gelang yang sangat cantik dan unik. Dimana dringu-bawang yang sudah dipotong kecil-kecil atau benang telon dimasukkan ke dalam selang plastik berwarna bening berukuran kecil yang telah dipotong sesuai ukuran pergelangan tangan lalu ditambahkan hiasan berupa potongan kain dan pita berwarna terang serta cairan baby oil lalu kedua ujungnya yang terbuka dikaitkan agar saling menutup membentuk lingkaran gelang.

Bahkan ada beberapa pengrajin memadukan dringu-bawang dan benang telon sekaligus pada gelangnya. Yang lebih unik lagi ada juga yang menambahkan bumbu dapur seperti ketumbar atau akar-akaran berukuran kecil sebagai variasi. Untuk harga yang ditawarkan beragam, tapi kebanyakan menjual gelang ini dijual dengan tarif Rp. 15.000,- untuk dewasa dan anak-anak, Rp. 13.000,- untuk bayi.

Warna-warna terang dan mencolok seperti merah, biru, hitam, dan hijau atau perpaduan dari beberapa warna tersebut paling banyak diminati oleh konsumen gelang dringu bawang ini. Bisa jadi, karena warna-warnanya yang cantik ini kalangan selain bayi dan ibu hamil berminat untuk mengenakan gelang dari selang plastik ini atau sekedar untuk mengikuti tren yang ada.

Begitulah tren, bisa berganti setiap saat. Entah berapa lama gelang dringu-bawang ini bisa bertahan sebagai tren di masyarakat. Yang jelas, melihat dari manfaatnya bagi bayi dan ibu hamil meskipun tidak se booming sekarang, nantinya akan terus eksis.

Sekian ulasan tentang gelang dringu-bawang yang sarat akan mitos, dan kebudayaan masyarakat Jawa.

Iklan

8 tanggapan untuk “Gelang Dringu-Bawang & Benang Telon, Gelang Mistik Kekinian”

  1. Aku baru tahu nih dari tulisan mbak, gelang bwang itu untuk bayi soalnya sepupu aku juga makai yang dari selang plastik itu. Kata mbakku emang lagi ngetrend nih gelang inih, udah nggak terkait mistik2 gituan. Mungkin buat asesoris

    Disukai oleh 1 orang

    1. Dringu bawangnya yang diperuntukkan bayi mbak sebagai penangkal sawan (dalam kepercayaan orang jawa) cuma dikemas di dalam gelang plastik itu tadi, kalau untuk orang dewasa dan anak berusia di atas 3-5 tahun ya memang sekedar aksesoris.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s