Film, Tren, Ulasan

Karakter Hantu dalam Film Horor Indonesia yang Kian Hidup

Oleh Nia Nayajomis

Beberapa tahun terakhir film Indonesia memang tengah menunjukkan prestasi dan eksistensinya bahkan telah berhasil merajai kembali bioskop tanah air. Tentu sebagai masyarakat Indonesia terutama pecinta film Indonesia bangga dengan fenomena ini.

Salah satu film yang berjaya di bioskop tanah air saat ini adalah film bergenre horor yang sempat diragukan khualitasnya karena sarat adegan esek-esek beberapa tahun lalu. Ditambah lagi karakter hantu yang harusnya menjadi daya tarik karena keseramannya justru diremehkan karena cenderung konyol dan tidak masuk akal. Inilah yang menjadikan film bergenre horor memiliki nilai minus.

Mengetahui hal ini, sutradara-sutradara film Indonesia saat ini pun berinisiatif untuk merubah stigma buruknya dengan membuat isi dari film tersebut lebih cerdas dan berkhualitas. Mulai dari segi cerita hingga pemerannya.

Hasilnya ? Bisa kita lihat lewat kesuksesan film Pengabdi Setan dan Danur yang tayang di bioskop pada tahun yang sama yaitu tahun 2017. Jumlah penonton yang berhasil diraih cukup fantastis. Bahkan film Pengabdi Setan berhasil melebarkan sayap kesuksesannya hingga keluar negeri. Dari karakter hantu yang ikonik dan viral ini dapat dijadikan pula tolak ukur kesuksesan sebuah film horor di Indonesia.

Kesuksesan kedua film horor ini tentu tidak lepas dari karakter hantunya yang benar-benar ikonik karena kemahiran sang Sutradara yang berhasil menghidupkannya. Tentu saja karakter hantu yang demikian tidak didapat secara instan. Observasi karakter, riset make up karakter, hingga pemilihan pemeran yang tepat adalah segelintir dari proses panjang yang dilalui sang Sutradara untuk menciptakan hingga menghidupkan karakter hantu menyeramkan dan ikonik yang sesuai dengan imajinasinya ini.

Inilah perkembangan khualitas sutradara Indonesia yang menurut saya satu langkah lebih cerdas dan sangat saya apresiasi. Yang mana, untuk membuat satu jenis karakter mereka tidak main-main. Mereka tidak asal memilih pemain, dan untuk memperkuat karakternya mereka tidak asal pula mendandaninya.

Sutradara film tidak sendiri dalam membuat karakter hantu yang ikonik dan menyeramkan ini, selain dengan sang Aktor yang memerankan karakter hantu dan dibantu segenap kru film lainnya, sutradara juga bekerja sama dengan make up artist maupun make up character yang handal. Lewat jemari mereka yang lihai dalam membuat riasan wajah, sosok hantu yang diinginkan sutradara film dipercayakan.

Ini pula yang bisa diambil sisi positif dari perkembangan film di Indonesia, yaitu mampu mendorong sektor lain dari ekonomi kreatif di Indonesia agar turut maju dalam berkiprah lewat adanya kerja sama antar bidang pekerjaan.

Bangga film Indonesia !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s