Kuliner, Resep Masakan

Sambal Goreng Brokoli Krispi

Oleh Nia Nayajomis

Beberapa waktu lalu suami saya meminta di belanjakan brokoli dan tepung bumbu sajiku. Katanya dia ingin membuat brokoli goreng. Setelah saya belanjakan bahan masakan yang diminta, akhirnya sepulang bekerja suami saya pun memasak bahan masakan tersebut.

Saya pribadi sebenarnya tidak begitu menyukai sayuran yang satu ini. Tapi ketika saya mencicipinya dalam bentuk olahan ala suami saya ini, rasanya enak. Bolehlah lain kali saya coba sendiri.

Sampai akhirnya suatu saat saya bingung hendak masak apa. Saat mengunjungi tukang sayur langganan yang biasa lewat di depan rumah saya, saya lantas hanya sibuk memilah-milah sayuran dan beragam bahan makanan lain tanpa keputusan pasti hendak mengolah bahan masakan yang mana. Akhirnya ketika melihat brokoli saya terinspirasi untuk mengolahnya seperti suami saya kemarin. Tapi dengab sedikit sentuhan ala saya.

Yah setelah membeli 1 buah brokoli tak lupa dengan tepung bumbu sajikunya, hari itupun saya mantap memasak menu brokoli goreng dengan tambahan saus sambal goreng yang rasanya asam-manis.

Berikut resep lengkap menu yang saya beri nama Sambal Goreng Brokoli Krispi :

Bahan :

– 1 buah brokoli

– 1 sachet tepung bumbu sajiku

– Air

– Minyak goreng

Bahan saus :

– 5 buah cabe keriting

– 3 siung bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 1 buah tomat

– 1 ruas lengkuas

– Asam

– Gula

– Garam

– Minyak

Cara membuat :

– Potong-potong kecil 1 buah brokoli tadi, kemudian cuci hingga bersih.

– Larutkan 1 bungkus tepung bumbu sajiku dengan air secukupnya hingga terbentuk adonan yang tidak terlalu encer. Setelah adonan jadi, campurkan dengan brokoli yang telah dipotong-potong tadi. Kemudian aduk rata hingga brokoli terlumuri dengan adonan tepung.

  • Mengapa adonan tepungnya dibuat akas ? Hal ini dimaksutkan agar adonan tepung menempel secara rata pada brokoli ketika telah dicampur.

– Panaskan minyak secukupnya pada wajan untuk menggoreng adonan brokoli tadi. Setelah panas, masukkan per potong adonan brokoli pada minyak. Lalu goreng hingga matang. Ulangi langkah di atas hingga adonan habis.

– Selagi menunggu brokoli matang, haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam secukupnya. Kemudian potong-potong tomat, dan geprek lengkuas hingga memar.

– Setelah brokoli selesai digoreng, siapkan sedikit minyak pada wajan. Kemudian tumis bumbu yang dihaluskan tadi, bersama potongan tomat, dan lengkuas. Tambahkan sedikit asam.

– Setelah saus sambal goreng matang, cicipi rasanya apakah asam, manis, dan asinnya sudah pas. Setelah itu matikan api pada kompor, campurkan brokoli goreng pada saus sambal goreng yang masih berada di wajan tadi. Aduk hingga rata. Kemudian angkat dan sajikan.

1Nah, itu tadi olahan brokoli ala saya ! Mungkin bisa dijadikan referensi menu berbuka di rumah pembaca sekalian.

Selamat mencoba ๐Ÿ˜Š

Iklan

2 tanggapan untuk “Sambal Goreng Brokoli Krispi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s