Kuliner, Resep Masakan

Wek-wek Sambal Goreng

Oleh Nia Nayajomis

Hari ini, saya bingung mau masak apa untuk keluarga di rumah. Saya sebenarnya ingin masak tongkol granat seperti menu masakan yang dijual oleh Sarwendah tapi ala-ala saya bumbunya. Ketika pergi ke tukang sayur yang lewat di depan rumah, saya tidak menemukan ikan tongkol yang berukuran besar di gerobaknya. Yang ada hanya ikan asin yang ukurannya kecil.

Karena ikan tongkol yang saya inginkan tidak ada, akhirnya saya pun mengurungkan niat untuk membuat menu tongkol granat. Lalu saya beralih melihat-lihat dagangan tukang sayur itu yang lain. Dan bertemulah saya dengan sayap ayam yang beratnya 1/2 kilogram itu. Saya pun kemudian memutuskan untuk membelinya dan hendak mengolahnya dengan bumbu kreasi saya.

Sampai di rumah, saya cuci bersih sayap ayam yang jumlahnya 6 buah tersebut. Kemudian saya mulai menyiapkan bumbu-bumbunya, antara lain :

* 5 siung bawang merah

* 5 siung bawang putih

* 15 buah cabai ( tergantung selera )

* 3 buah tomat hijau

* 1 ruas lengkuas

* Garam

* Gula merah

* Minyak goreng

* Air

Setelah semua bumbu-bumbu siap, saya pun memulai proses pengolahannya ;

1. Setelah sayap ayam di cuci bersih, kemudian sayap ayam tersebut digoreng garing di dalam wajan berisi minyak goreng yang panas.

2. Selagi menunggu sayap ayam tadi masak dan garing, bumbu seperti bawang merah dan bawang putih serta garam secukupnya dihaluskan. Setelah itu iris-iris cabai, tomat, dan lengkuas.

3. Setelah sayap selesai digoreng, siapkan sedikit minyak di atas wajan. Kemudian tumis bumbu halus, bersamaan dengan cabai, tomat, dan lengkuas yang telah diiris-iris tadi.

4. Tambahkan sedikit air pada bumbu yang ditumis tadi. Lalu tambahkan gula merah secukupnya. Tunggu mendidih selama beberapa saat. Lalu masukkan sayap ayam goreng tadi dan aduk hingga merata.

5. Jangan lupa cicipi apakah manis dan asinnya sudah sesuai dengan selera. Setelah itu angkat dan sajikan.

Menu yang saya beri nama wek-wek sambal goreng ini sangat nikmat disantap bersama nasi hangat dan lauk pendamping misalnya kerupuk.

Kenapa saya beri nama wek-wek sambal goreng ? Karena rasa dan aroma bumbu sambalnya sama dengan bumbu sambal goreng. Yang mana, rasa sambal gorengnya ditimbulkan dari campuran lengkuas dan gula merah.

Penasaran ? Langsung saja dipraktekkan di dapur pembaca sekalian. Resep dan cara membuatnya sangat mudah dan sederhana kok ! Dijamin sukses memanjakan lidah ☺

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s