Fashion, Info, Murah, Spot

Spot Belanja Kain Murah Meriah di Pasar Dampit

Oleh Nia Nayajomis

Semua orang menyukai barang dengan harga murah tidak terkecuali saya. Setiap orang juga memiliki alasan berbeda dalam membeli barang dengan harga murah. Menghemat uang adalah alasan yang lazim. Kalau saya pribadi, suka membeli barang dengan harga murah selain untuk menghemat uang, juga agar bisa memperoleh item lain dan jumlah item yang lebih banyak.

Kalau bicara soal khualitas barang memang relatif. Karena pada dasarnya, harga memang menentukan khualitas sebuah barang. Tapi bagi saya itu bisa dinegosiasikan dengan hati dan tidak menjadi sebuah masalah yang besar dalam kegiatan berbelanja. Terus terang saja, saya memang memiliki jiwa yang cukup perhitungan ala ibu-ibu, inilah alasan sebenarnya kenapa saya menyukai barang dengan harga murah.

Di postingan kali ini, saya hendak bercerita tentang acara belanja perlengkapan bayi sekaligus belanja kain yang saya lakukan bersama ibu saya beberapa hari lalu. Sesuai judul postingannya, item kain yang saya belanjakanlah yang akan menjadi topik utamanya.

Setelah selesai berputar-putar berkeliling mencari perlengkapan bayi dari satu toko ke toko lain di area Pasar Dampit yang merupakan salah satu pasar besar di wilayah Kabupaten Malang itu, saya dan ibu saya bergegas ke unit 2 Pasar Dampit untuk membeli kain yang rencananya akan saya jadikan daster. Awalnya saya dan ibu memang sudah berencana untuk membuat daster dan membeli kainnya di salah satu kios kain yang berada di unit 2 Pasar Dampit, karena menurut informasi yang diberikan bude saya yang seorang penjahit di kios tersebut kain yang dijual memiliki harga yang irit kantong.

Di siang yang terik hari itu saya dan ibu tiba di sebuah kios yang terletak di sebelah paling barat blok unit 2 Pasar Dampit tepatnya di bawah anak tangga menuju kaki lima. Bermacam-macam kain dengan aneka motif dan jenis serta beberapa barang lain seperti daster dan celana kolor terpajang di kios sederhana itu.

Karena tujuan utama kami membeli kain tentu saja saya dan ibu langsung menyasar pada item kain yang dipajang bergulung-gulung di kios itu. Sambil memilih-milih kain, saya maupun ibu bergantian menanyakan harga tiap kain yang kami lihat. Karena setiap kain yang kami lihat memang memiliki jenis dan harga yang bervariasi.

Mulai yang paling murah hingga paling mahal memiliki jenis dan khualitas yang berbeda. Misalnya kain yang saya pilih ini, saya memilih dua helai kain yang berbeda yaitu :

* Yang pertama saya membeli kain dengan motif bunga yang agak besar dengan warna biru. Kain ini memiliki harga Rp. 14.000,-/m. Dilihat dari harganya yang sangat murah, sudah dapat dipastikan jika seratnya tipis dan agak transparan.

* Yang kedua, saya membeli kain dengan motif yang sama hanya saja ukurannya lebih kecil dan warnanya berbeda yaitu merah muda. Harganya Rp. 20.000,-/m. Berbeda Rp. 4000,-, khualitasnya juga sudah berbeda. Dimana, serat kain yang satu ini lebih tebal. Warnanya juga lebih cerah.

Saya, membeli kedua lembar kain tersebut masing-masing dengan ukuran yang sama, yaitu 2,5 m. Yang mana semuanya akan saya buat menjadi baju daster. Total uang yang saya belanjakan untuk membeli kedua helai kain tersebut adalah Rp. 85.000,-. Ekonomis bukan ? Tentu saja itu belum ongkos menjahitnya. Jika ditambah dengan ongkos menjahit, paling tidak kita mengeluarkan uang lagi sebesar Rp. 30.000 untuk dua potong pakaian.

Sekedar informasi tambahan, yang menjadikan kain-kain di kios yang saya kunjungi bersama ibu itu murah adalah kain-kain yang dijual si Pedagang adalah kain turunan dari toko kain besar yang sudah tidak laku. Entah tepatnya berasal dari mana, yang pasti kain-kain tersebut tidak berasal dari toko kain yang ada di sekitaran Pasar Dampit. Begitulah sedikit informasi yang saya peroleh dari si Pedagang kain yang kiosnya saya kunjungi hari itu.

Mungkin pembaca sekalian bertanya-tanya, kenapa saya menuliskan pengalaman seputar berbelanja barang murah ? Pertama, saya termasuk orang dari kalangan menengah ke bawah sudah barang mesti pengetahuan saya seputar perbelanjaan adalah barang-barang yang murah yang dijual di pasaran. Kedua, informasi dan referensi barang-barang murah yang saya bagi kepada pembaca sekalian, saya kira bisa lebih mudah dijangkau oleh pembaca baik secara pemikiran maupun pada prakteknya sehingga tidak terlalu muluk-muluk.

Jadi bagaimana pendapat pembaca sekalian mengenai postingan saya kali ini ? Semoga bermanfaat ! Sampai jumpa di postingan-postingan seputar barang murah selanjutnya 😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s