Kuliner, Resep Masakan

Sambal Telur Pokak

Oleh Nia Nayajomis

Kemarin, saya membuat menu sambal yang dicampur dengan isi telur rebus dan pokak. Acara membuat menu ini sebenarnya tidak direncanakan sebelumnya. Karena tukang sayur yang biasa lewat di depan rumah saya tidak kunjung lewat hingga siang hari, akhirnya saya pun bertanya pada suami saya dia ingin makan apa. Dia pun lalu meminta untuk dimasakkan telur yang dibumbu sambal.

Jadilah saya pergi ke dapur untuk memasak menu permintaan suami saya itu. Kebetulan saat saya tengah sibuk mengolah menu telur bercita rasa pedas manis itu, Ibu saya pulang dari berkebun dengan membawa pokak, saya pun terinspirasi untuk turut mengolahnya bersama menu sambal telur saya tersebut.

Untuk mengetahui detail masakannya, berikut resep dan bahan pembuatan sambal telur dan pokak yang rasanya juara :

Bahan :

  • 8 butir telur
  • Pokak
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 10 buah cabai
  • 3 buah tomat
  • Garam
  • Gula
  • Minyak

Cara membuat :

* Rebus telur selama kurang lebih 30 menit. Tumbuk pokak di dalam plastik dengan ulekan hingga pecah dan bijinya keluar, hal ini dimaksudkan agar rasa pokak tidak terlalu pahit saat dikonsumsi. Kemudian cuci hingga bersih dan biji pokak hilang.

* Kupas bawang merah dan bawang putih, kemudian cuci hingga bersih bersama cabai dan tomat. Lalu iris-iris bawang merah, bawang putih, dan tomat. Setelah itu tumis bumbu-bumbu tadi hingga matang. Selagi menunggu bumbu matang, kupas kulit telur yang sudah matang.

* Setelah bumbu tadi matang, angkat dan taruh pada cobek, tambahkan gula dan garam kemudian ulek hingga halus.

* Kemudian panaskan sedikit minyak minyak pada wajan. Tumis pokak hingga setengah matang. Setelah itu masukkan telur dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi lalu aduk hingga matang. Jangan lupa dicicipi terlebih dahulu sebelum diangkat dan disajikan untuk mengetahui apakah asin dan manisnya sudah pas.

Nah , itu tadi resep membuat sambal telur dan pokak ala saya ! Semoga bisa menjadi referensi menu masakan pembaca sekalian, terutama bagi penyuka pedas.

Selamat mencoba 😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s