Spot, Ulasan

Safe Candi Jejawar !

Oleh Nia Nayajomis

Bagi warga Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang pasti tidak asing dengan candi bernama Jejawar yang terletak di Desa Mulyoasri ini.

Yah, candi di kaki Gunung Semeru yang biasa disebut juga Candi Jawar Ombo atau Njawar ini memang cantik dan unik. Selain karena letaknya yang berada di kaki gunung, keindahan yang disuguhkan pun dobel. Selain keindahan bangunan berarsitektur zaman purbakala, kita juga disuguhi keindahan panorama alam di kaki Gunung Semeru yang sejuk.

Sayangnya, lokasi yang sering dijadikan latar foto preweding ini kondisinya cukup menyedihkan. Karena dikotori oleh sampah bekas bungkus makanan dan minuman yang dibawa oleh pengunjung saat datang. Selain itu, tembok-tembok candinya juga kotor oleh coretan-coretan yang sudah dapat dipastikan merupakan ulah pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Sayang sekali bukan, jika kecantikan Candi Jejawar itu tercemar oleh tindakan vandalisme yang diperbuat oleh pengunjung tidak bertanggung jawab ini ?

Terdapat coretan yang dibuat oleh pengunjung tidak bertanggung jawab di dinding candi (lihat bagian kiri atas foto)

Tidak hanya itu, lokasi candi yang berada jauh dari pemukiman penduduk ini juga dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk berpesta miras. Hal ini menjadikan tempat yang dikelilingi pohon makadamia itu rawan akan kejahatan. Sangat disayangkan !

Lalu adakah peran dari pemerintah setempat untuk menjaga dan mengelola tempat yang berpotensi tinggi menjadi tempat wisata itu ? Saya juga tidak tahu. 3 kali saya mengunjungi Candi Jejawar, kondisinya masih sama. Di kelilingi banyak sampah. Dan tidak ada perkembangan yang positif.

Tentu, menjaga kelestarian Candi Jejawar itu tidak harus menunggu upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Minimal kita memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak fasilitas yang ada di sana. Apapun bentuknya. Hal yang demikian tidak kita lakukan di satu tempat saja. Dimanapun kita berada, menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas dan kewajiban kita.

Maka dari itu, yuk kita jaga lingkungan sekitar ! Satu kepedulian kita hari ini, akan bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita seterusnya !

Safe Candi Jejawar !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s