Kuliner, Tips & Trik

Mengolah Nasi Sisa

Oleh Nia Nayajomis

Kemarin saya telah mengulas dan berbagi tips tentang mengolah lauk sisa menjadi menu lain yang tak kalah enak dan ciamik. Nah kali ini saya akan berbagi tips mengolah nasi sisa menjadi menu lain pula. Penasaran saya mengolahnya menjadi menu apa ? Yuk kita simak sama-sama ulasannya berikut ini !

Terkadang suatu hari kita memasak nasi terlalu banyak. Karena tidak habis dimakan pada hari itu, akhirnya nasi tersebut menjadi sisa keesokan harinya. Meskipun sisa, biasanya kondisi nasi tersebut masih layak dan enak untuk disantap kembali. Karena warnanya berubah agak menguning dan dingin kita jadi enggan untuk menyantapnya. Untuk mengatasi nasi sisa yang mubadzir apabila dibuang ini pun kita mengolahnya menjadi nasi goreng.

Apabila diolah menjadi menu demikian, tentu kita sudah biasa dan bahkan bosan. Nah, saya pun terinspirasi untuk mengolah nasi sisa ini menjadi menu lain selain nasi goreng yang tak kalah enak. Yaitu menjadi NASI BAKAR.

Sekilas, menu nasi bakar ini tidak jauh beda dengan nasi goreng. Karena proses memasaknya yang juga hampir sama. Tapi soal rasa jelas beda. Penasaran apa yang menjadikan rasa dari nasi bakar ini berbeda dengan rasa dari olahan nasi yang lain ? Berikut saya bagi resep nasi bakar ala saya, Nia Nayajomis :

1. Siapkan alat dan bahan, diantaranya :

  • 2 piring nasi
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai (bisa sesuai selera)
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdt terasi
  • 2 sdm minyak
  • 1 ikat daun kemangi
  • 2 batang kacang panjang (opsional, tergantung selera)
  • 1 potong ayam (opsional, tergantung selera)
  • 8 lembar daun pisang
  • 8 batang lidi yang telah dipotong-potong

2. Haluskan bumbu- bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam. Setelah itu suir-suir ayam. Potong-potong kacang panjang sepanjang jari telunjuk.

3. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan terasi. Kemudian masukkan nasi. Masak dan aduk hingga matang. (Untuk ayam dan kacang panjang anda bisa mencampurnya bersamaan dengan saat menggoreng nasi atau menambahkannya saat dibungkus)

4. Setelah nasi siap, siapkan dua lembar daun pisang. Kemudian susun nasi di atas daun pisang secukupnya. Tambahkan potongan kacang panjang, suiran ayam, dan daun kemangi. Setelah itu gulung daun pisang, dan sematkan kedua ujung daun pisang menggunakan lidi. Ulangi langkah di atas sampai nasi habis.

5. Selanjutnya kukus selama 5 menit. Kemudian bakar selama kurang lebih 5-8 menit hingga daun pisang gosong. Setelah itu, nasi bakar siap disantap.

Untuk isian nasi bakar anda bisa menggunakan selain ayam. Misalnya teri, atau sayuran lain yang sesuai dengan selera anda. Pada resep di atas saya memadukan antara daging ayam dan sayur kacang panjang agar nilai gizinya seimbang.

Nasi bakar ini direkomendasikan sekali bagi pecinta kuliner atau penghobi masak yang bosan dengan olahan nasi goreng. Campuran terasi pada bumbu, aroma daun kemangi dan daun pisang yang timbul dari proses pemasakan membuat rasa dari nasi bakar ini sangat khas.

Selamat mencoba ! 🙌

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s