Kuliner, Tips & Trik

Mengolah Lauk Sisa

Oleh Nia Nayajomis

Sebagai ibu rumah tangga, salah satu tugas wajibnya di rumah adalah memasak. Nah, biasanya ada lauk yang tersisa dari menu yang dimasak pada hari itu bisa dalam jumlah yang sedikit atau pun banyak. Agar tidak mubadzir dan terbuang percuma biasanya ibu-ibu di rumah menghangatkannya lagi agar enak untuk dimakan.

Makanan yang dihangatkan lagi biasanya membuat penampilan dari masakan kurang menarik, adapula yang berpendapat jika makanan yang dihangatkan kenikmatan rasa dari makanan tersebut menjadi berkurang. Hal ini pun masih menjadi kendala untuk menikmati makanan sisa.

Saya punya dua resep mengolah makanan sisa agar enak dinikmati kembali, berikut uraiannya

1. Tempe ➡ Terancam

Makanan yang satu ini biasanya menjadi menu utama dan andalan di meja makan untuk mengenyangkan perut. Paling nikmat disantap saat masih hangat. Kalau sudah dingin, kita menjadi enggan untuk memakannya karena dirasa sudah kurang nikmat lagi meskipun sudah dihangatkan lagi. Nah, jika sudah begini cara mengatasinya agar tidak mubadzir saya mengolahnya menjadi campuran TERANCAM yaitu makanan khas Jawa Timur yang terdiri dari aneka sayuran mentah seperti mentimun, daun kemangi, daun simbukan, lamtoro, tauge, dan tempe yang kemudian diurap menjadi satu dengan bumbu kelapa parut, cabe, bawang putih, kencur, daun jeruk, dan garam. Alhasil, tempe sisa ini pun jadi primadona lagi di meja makan.

2. Sambal Goreng Kentang ➡ Gudeg

Ketika mengadakan acara selamatan di rumah, biasanya menu sambal goreng selalu menjadi salah satu menu yang wajib disajikan. Nah biasanya pula, menu yang satu ini menjadi salah satu menu yang tersisa dengan jumlah yang masih banyak. Apabila dihangatkan lagi biasanya penampilannya menjadi kering dan rasanya kurang nikmat. Nah, agar kembali nikmat saat disantap, saya pun memasaknya lagi menjadi GUDEG. Gudeg yang satu ini tentunya berbeda karena cara memasaknya yang berbeda dan tidak memakai santan serta bumbu rempah yang beraneka ragam. Bumbunya cukup cabai, bawang merah, dan bawang putih. Yang kemudian ditumis lalu dihaluskan. Setelah itu dicampur dengan sambal goreng kentang sisa tersebut, kemudian di tambahkan air dan dipanaskan hingga mendidih. Tambahkan garam secukupnya apabila rasanya kurang asin. Jika ada lauk lain yang tersisa misalnya mi, atau ayam goreng sisa bisa juga ditambahkan pada menu gudegnya. Jadilah menu gudeg sambal goreng yang tampilannya mirip dengan seblak.

Biasanya saya menikmati gudeg sambal goreng ini bersama sayuran mentah atau lalapan segar seperti tauge, sawi, mentimun, atau kemangi yang saya taruh di atas nasi kemudian diguyur dengan kuah gudeg yang panas.

Mudah dan sederhana bukan tips mengolah makanan sisa yang saya bagi di atas ? Selain menjadikan makanan tidak terbuang mubadzir, juga menghemat uang belanja karena kita tidak perlu membeli lauk pada hari itu. Bagaimana, anda ingin mencoba resep di atas ? 

Iklan

4 tanggapan untuk “Mengolah Lauk Sisa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s