Kuliner, Tips & Trik, Ulasan

Karakteristik Roti yang Enak Menurut Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Semua orang suka makan dan setiap orang pasti memiliki makanan favorit. Begitupun saya. Saya juga memiliki banyak makanan favorit, mulai dari jenis lauk hingga aneka kue dan cemilan. Seperti pecel campur, pukis, keripik pisang, dan banyak lagi.

Saking favoritnya dengan macam-macam makanan seperti di atas, saya sampai bisa mengkarakterisasi makanan-makanan tersebut yang enak itu seperti apa. Mengingat, meskipun terdapat satu jenis makanan yang sama belum tentu rasanya sama enaknya. Seperti nasi goreng yang sudah pernah saya ulas dan saya bagikan pada pembaca sekalian tentang karakteristiknya yang enak ala saya.

Dan kali ini saya akan mengulas karakteristik roti yang enak menurut saya itu seperti apa setelah saya mencoba beragam jenis roti dari toko roti yang berbeda selama ini. Karena menurut saya, roti yang enak tidak hanya ditunjang oleh isiannya yang enak pula. Yuk kita simak sama-sama ulasannya !

  1. Empuk dan lembut teksturnya ketika digigit, selain itu padat. Padat dalam arti, bagian dalamnya tidak memiliki rongga yang besar dan  tidak kempes ketika digigit.
  2. Tidak terdapat rasa asam. Pasti kita pernah makan roti yang ketika dikunyah terdapat rasa asam di dalamnyakan ? Nah, rasa asam tersebut biasanya diperoleh karena pemberian bubuk pengembang yang terlalu banyak.
  3. Tidak kering. Apabila kering cirinya biasanya ketika digigit mengeluarkan remah. Kering ini dalam arti disebabkan proses pemanggangannya bukan karena penyimpanannya pada tempat terbuka atau lamanya penyimpanan. Kering tidaknya roti biasanya dapat dilihat dari tampilannya, apabila klimis biasanya roti tersebut tidak kering.
  4. Tidak tahan lama. Biasanya roti yang yang memiliki karakteristik di atas tidak dapat bertahan lama dan mudah berjamur.

    Nah itu dia, empat poin karakteristik roti yang enak menurut saya. Karakteristik di atas berlaku bagi seluruh jenis roti. Baik itu roti tawar maupun roti biasa dengan segala macam isiannya. Bagi pembaca sekalian yang menggemari makanan jenis roti, adakah karakteristik roti yang enak menurut anda ? 

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s