Kuliner, Resep Masakan

Ketika Rasa Asam Tomat Segar Bercampur Manisnya Gula

Oleh Nia Nayajomis 

Saya sangat suka mengolah tomat menjadi aneka macam sambal dan saus atau menambahkannya sebagai bahan campuran dalam masakan saya. Kadang kala saya juga suka mengolah tomat hijau menjadi asinan. Sensasi rasa asam dari tomat ketika bercampur dengan manisnya gula ditambah gurihnya bumbu dapur itulah yang membuat saya menyukai makanan dari olahan jenis sayur yang satu ini.

Menginjak usia kehamilan saya yang ke enam bulan ini, saya mulai mengurangi aktivitas bepergian apalagi yang jaraknya jauh. Jadilah saya banyak menghabiskan waktu di rumah. Terkadang untuk memanfaatkan waktu luang di rumah, saya mengisinya dengan memasak atau membuat kreasi makanan.

Kemarin, saat turun hujan saya sedang mengobrol dengan orang tua saya di ruang tamu. Tiba-tiba saya terinspirasi untuk membuat makanan dari sepotong ayam goreng dan tomat hijau yang ada di dapur dimana keduanya kemudian saya olah menjadi tumis yang kental dengan rasa asam, manis, pedas, dan gurih. 

Berikut resep tumis ayam goreng dan tomat hijau yang saya buat kemarin ;

* Tumis Ayam Goreng dan Tomat Hijau

  • Pertama, siapkan bahan-bahan : 1 potong ayam goreng, 3 buah tomat hijau, 10 buah cabai, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 sendok teh gula, 1/2 sendok teh garam.
  • Kedua, suir-suir ayam menjadi kecil-kecil, kemudian potong-potong tomat. Setelah ayam di suir-suir , goreng lagi hingga kering.
  • Ketiga, haluskan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam.
  • Keempat, tumis bumbu hingga masak. Kemudian tambahkan gula. Setelah itu masukkan ayam suir yang telah digoreng tadi. Aduk hingga merata.
  • Kelima, masukkan potongan tomat. Aduk hingga merata. Lalu angkat dan sajikan.

Selain menambahkan tomat dalam aneka masakan seperti di atas, saya juga mengolah tomat menjadi asinan. Yang mana, biasanya saya menikmatinya bersama ayam bakar bumbu kecap yang juga buatan saya sendiri. Berikut resep membuat asinan tomat ala saya ;

* Asinan Tomat

  • Pertama, siapkan bahan-bahan seperti 3 buah tomat hijau, 2 siung bawang merah, 5 buah cabai, 2 sendok makan gula ( gula dapat diganti dengan kecap manis).
  • Kedua, potong-potong tomat hijau, kemudian iris tipis bawang merah, dan cabai (cabai bisa juga diulek jika menginginkan rasa pedasnya lebih merata).
  • Ketiga, campur bahan-bahan tadi di dalam sebuah mangkok. Kemudian tambahkan gula dan aduk hingga merata. Lalu, sajikan.
  • Jika anda memiliki suiran ayam, tempe, atau kacang goreng anda juga bisa menambahkan salah satunya sesuai selera anda pada asinan tomat.

Selain memanjakan lidah yang kita peroleh dari menikmati olahan tomat, ada banyak lagi loh segudang manfaat bagi kesehatan yang bisa kita peroleh. Dimana kandungan vitamin A dan C serta antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa turut menjaga dan merawat kesehatan kita.

Jadi, bagaimana dengan dua resep olahan tomat yang sudah saya bagi di atas ? Mau mencobanya ? Monggo, rasakan sensasi asam-manisnya !

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s