Kuliner, Resep Masakan

Membuat Popsicle ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis

Salah satu kegiatan rutin saya di rumah adalah menonton tivi. Dan salah satu acara favorit yang saya saksikan adalah acara kuliner yang ditayangkan di stasiun tivi masa kini yang membahas manfaat dan tips memasak makanan yang sesuai dengan anjuran kesehatan.

Nah, di salah satu episodenya yang tayang beberapa hari lalu membahas tentang popsicle, es stik yang berisi aneka macam buah-buahan. Tidak hanya membahas manfaat yang terkandung di dalam makanan berbentuk es ini saja, tapi juga memberi tahu cara pembuatannya yang simple dan murah.

Mengetahui cara pembuatannya yang simple dan murah itulah saya terinspirasi untuk membuatnya sendiri dengan bahan lain. Yaitu popsicle dari agar-agar yang diisi dengan buah dan roti spons. Berikut resepnya saya bagi pada pembaca sekalian :

1. Popsicle Nutrijel Coklat dan Roti Spon

  • Pertama, sediakan bahan dan alat seperti : 1 sachet nutrijel coklat, 1 potong roti spons (dapat disesuaikan selera, misal bolu atau brownies), 3 buah stik es, dan cetakan es.
  • Kedua, masak 1 sachet nutrijel coklat dengan 400 ml air dan 200 gr gula hingga mendidih.
  • Ketiga, potong kecil-kecil roti spons tadi. Kemudian masukkan masing-masing 2-3 potong roti spons ke dalam cetakan es.
  • Keempat, setelah nutrijel mendidih, tuangkan ke dalam cetakan yang telah terisi potongan roti spons. Tunggu hingga nutrijel agak mengeras.
  • Kelima, setelah nutrijel agak mengeras pasang stik es pada setiap cetakan. Kemudian taruh di dalam freezer hingga mengeras. Setelah itu barulah popsicle nutrijel coklat dan roti spons dapat dinikmati.

    2. Popsicle Nutrijel Jambu dan Mangga

    • Pertama, sediakan bahan dan alat seperti : 1 sachet nutrijel jambu, 1 buah mangga (isian buah bisa sesuai selera), 3 buah stik es, cetakan es.
    • Kedua, masak 1 sachet nutrijel jambu dengan 400 ml air dan 200 gr gula hingga mendidih.
    • Ketiga, kupas 1 buah mangga lalu potong-potong kecil. Kemudian masukkan beberapa potongan mangga ke dalam cetakan es.
    • Keempat, setelah nutrijel mendidih, angkat dan tuangkan ke dalam cetakan yang telah terisi potongan mangga. Tunggu hingga nutrijel agak mengeras.
    • Kelima, setelah nutrijel agak mengeras pasang stik es pada setiap cetakan. Kemudian taruh di dalam freezer hingga mengeras. Setelah itu barulah popsicle nutrijel jambu dan mangga dapat dinikmati.

    Sederhana dan mudah bukan cara membuat popsicle yang telah saya terangkan di atas ? Yuk mari dicoba !

    Ada beberapa alasan kenapa saya menggunakan bahan-bahan seperti agar-agar dan roti spons dalam membuat popsicle. Yaitu :

    1. Kenapa saya menggunakan agar-agar ? Karena agar-agar memiliki aneka rasa, pemberian rasa manisnya dapat dibuat sesuai selera, dan merupakan cairan yang cara membuatnya instan.
    2. Kenapa saya menggunakan isiannya dari roti ? Makanan jenis roti seperti brownies atau bolu biasanya menjadi sovenir yang diberikan pada undangan dalam acara pernikahan atau hajatan lainnya. Terkadang ketika telah sampai di rumah, kita malas untuk memakannya dan akhirnya kita biarkan hingga rusak tak termakan. Melihat fenomena itulah saya terinpirasi juga untuk mengolahnya menjadi makanan lain yang lebih diminati yaitu membuatnya popsicle. Selain itu, roti spons juga mudah menyerap dan menyatu dengan cairan.

    Selain itu dalam pembuatan popsicle juga ada trik-trik khusus agar hasilnya bagus :

    • Ketika mengolah agar-agar, buat semanis mungkin yaitu pemberian gula pada agar-agar diberi dua kali lipat dari takaran yang dianjurkan pada saran pengolahan yang terdapat pada kemasan agar-agar yaitu 100 gr menjadi 200 gr. Karena apabila telah dibekukan rasa manisnya akan berkurang.
    • Pasang stik es ketika agar-agar sudah agak mengeras agar posisi stik es lurus.

    Sekian ide membuat popsicle yang saya bagi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😊

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s