Bio

Harta Karun di Dalam Koran

Oleh Nia Nayajomis

Di zaman serba digital seperti sekarang, media informasi konvensional seperti koran sudah mulai ditinggalkan terutama oleh generasi milenial. Meskipun begitu, koran masih eksis dan memegang peranan penting dalam peredaran informasi di kehidupan sehari-hari.

Saya adalah salah satu orang masih gemar dan setia menggunakan jasa koran untuk memperoleh informasi. Alasan saya menggemari koran, karena di dalam koran biasanya saya menemukan informasi tidak terduga, yang terkadang sesuai dengan kebutuhan informasi saya. Selain itu, informasi lain yang disajikan secara random setiap harinya,  juga semakin menambah pengetahuan saya. Maka dari itu, saya menyebut informasi di dalam koran itu sebagai harta karun yang berupa ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, terkadang berbagai sajian informasi yang saya nikmati lewat tulisan di dalam koran ini, juga memberikan sensasi petualangan lewat bacaan.

Awal saya menggemari koran, karena saya dulu tidak memiliki perangkat yang mumpuni untuk mengakses internet guna memperoleh informasi. Jadi untuk memperoleh informasi dam referensi saya mencari media lain dan salah satunya adalah koran. Lewat koran itulah, saat SMK saya dulu sering terbantu ketika mengerjakan tugas. Terutama tugas membuat presentasi dan mengarang.

Setelah lulus sekolah, koran paling berkontribusi dalam memberi saya informasi bahkan inspirasi untuk mengarang cerita. Terutama untuk membuat latar dan alur cerita lebih hidup. Saking sukanya dengan koran, saya dulu juga pernah membuat cerpen fantasi tentang koran yang berjudul Kaum Pers. Kemudian saya kumpulkan ke mading sekolah untuk dipublikasikan.

Tentu kita tahu, koran adalah media informasi yang identik dengan berita kriminal dan politik. Serta bentuknya yang didominasi tulisan daripada gambar membuat kita kadang malas dan jenuh untuk membacanya. Sebenarnya jika kita telaten, ada banyak sekali rubrik menarik yang disajikan di dalam koran. Seperti profil tokoh yang kita sukai, sampai ulasan mengenai film. Dan diantara sekian jenis rubrik yang ada di koran itu, saya paling menggemari rubrik fashion. Rubrik-rubrik yang membahas fashion itu pun saya kliping hingga menjadi sebuah buku yang tebal.

Sebenarnya tidak hanya rubrik fashion yang gemar saya buat kliping. Tapi rubrik-rubrik yang lain juga banyak yang saya kliping, terutama yang berisi informasi penting dan dapat saya gunakan untuk bahan kepenulisan. Pembuatan kliping koran tersebut, saya lakukan semata-mata hanya agar isi informasinya tidak mudah hilang dan dapat saya gunakan sewaktu-waktu.

Nah, inilah cerita tentang hobi saya menggemari koran, ada banyak manfaat yang telah saya peroleh di dalamnya yang membuat saya makin cinta dengan koran. Sekian šŸ˜‰

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s