Tips & Trik

Rumus Memotong Kain Gorden

Oleh Nia Nayajomis 

Sebelum menikah saya pernah bekerja di sebuah konveksi gorden selama satu tahun empat bulan. Dimana, di tempat tersebut saya diposisikan sebagai tukang potong. Di awal bekerja saya diharuskan belajar memotong terlebih dahulu selama satu bulan di bawah pengawasan pemilik usaha konveksinya langsung.

Selama enam belas bulan bekerja sebagai tukang potong kain gorden, saya telah memahami seluk-beluk memotong kain gorden. Karena setiap bulannya kain yang saya potong itu berbeda jenisnya maka menjadikan ukuran dan cara memotongnya berbeda pula. Misalnya, kain blackout, filtras, ami, vanesa, metz, kastilo, dan lain-lain.

Berikut saya bagi pengetahuan saya tentang seluk beluk memotong kain gorden yang sudah saya pelajari :

  1. Kain Vanesa, ini adalah kain yang paling banyak saya potong karena dibuat dalam jumlah banyak untuk penjualan massal. Dari segi harga merupakan selambu yang paling murah. Ukuran pemotongannya adalah 2 x 93,5 cm untuk ukuran normal, dan 1 x 110 cm untuk selambu ukuran pendek, dipotong dengan cara di robek. Selambu vanessa umumnya dibuat dalam dua model yaitu selambu poni dan polos. Untuk selambu normal ukuran poninya 25 cm, sedangkan selambu pendek 20 cm.Vanesa NormalVanesa Pendek / 1 x 1
  2. Kain Ami, dari segi harga dan kualitas berada satu tingkat di atas kain vanesa. Ukuran pemotongannya, 1 x 120 cm untuk selambu 1 meter, 2 x 90 cm untuk selambu 1,5 meter, dan 2 x 120 cm untuk selambu 2 meter. Selambu yang satu ini menggunakan poni yang berasal dari kain ini sendiri, dimana poni biasanya di ambil dari bagian atas kain dengan ukuran 30 cm. Cara memotongnya sama seperti kain vanesa, yaitu dirobek.
    Ami 1 m

    Ami 1,5 m

    Ami 2 m
  3. Kain Metz, Kastilo, Mazzada, dll, dipotong dengan ukuran 2 x 98 cm. Cara memotongnya tergantung dari serat kain, biasanya jika seratnya lembut cara memotongnya cukup dirobek, apabila sebaliknya dipotong menggunakan gunting. Satu tips untuk anda agar hasil potongan menggunakan gunting lurus dan tidak menggulung ketika dijahit apabila memotong kain cukup di beri tanda ukuran dengan digunting pada ujung kainnya kemudian tarik sehelai seratnya hingga menimbulkan garis pada permukaannya. Setelah itu potong mengikuti pola garis yang terbentuk. Selambu dari kain jenis ini, memiliki poni berwarna putih dengan ukuran 30 cm.
  4. Kain Bordir Extrana, Ukuran potongannya sama seperti kain ami, 1 x 120 cm untuk selambu ukuran 1 meter, 2 x 90 cm untuk selambu ukuran 1,5 meter, dan 2 x 120 cm. Cara memotongnya dengan digunting. Untuk poninya biasanya diambil dari bagian bawah kainnya yang berhias bordir berumbai sepanjang 53 cm untuk selambu model rempel pisah, dan 45 cm untuk selambu model rempel tempel.
    Bordir Extrana 1 m

    Bordir Extrana 1,5 m

    Bordir Extrana 2 m
  5. Kain Filtras. Kain ini ada dua jenis, yaitu kain filtras tisu dan filtras jaring. Umumnya berwarna putih dengan motif bunga. Untuk ukuran pemotongan, keduanya sama seperti memotong kain ami dan extrana bordir. Sedangkan cara memotongnya, untuk kain filtras tisu dirobek, dan filtras jaring digunting. Setelah melalui proses di atas baik filtras tisu maupun jaring masih memerlukan satu proses lagi yaitu memotong bagian atasnya dimana untuk filtras tisu potongan atasnya 62 cm dan filtras jaring 34 cm.
    Filtras 1 m

    Filtras 1,5 m

    Filtras 2 m
  6. Kain Blackout, kain dengan kualitas paling bagus dan mahal di antara jenis kain di atas. Memiliki ciri khas mengkilap. Ukuran pemotongannya 2 x 60 cm, dengan potongan atas 60 cm. Cara memotongnya dengan digunting dimana agar menghasilkan potongan yang lurus cukup di beri tanda ukuran dengan digunting pada ujung kainnya kemudian tarik sehelai seratnya hingga menimbulkan garis pada permukaannya. Setelah itu potong mengikuti pola garis yang terbentuk.

Keterangan tiap jenis kain 1 sampai 6 di atas adalah jenis kain yang sering saya potong saat saya masih bekerja dulu. Mungkin pembaca sekalian mengalami kebingungan dengan keterangan yang saya tulis di atas. Berikut penjelasan untuk istilah atau keterangan yang kurang dimengerti oleh pembaca sekalian :

  • Mengapa ukuran kain ami, bordir extrana, dan filtras sama ? Karena bentuk gulungan kainnya sama yaitu terlipat. Dimana saat memotong kain ini, ukurannya adalah untuk menentukan lebar selambu. Sedangkan kain lain seperti vanesa, dan metz ukurannya untuk menentukan tinggi selambu.
  • Kenapa ada potongan atas ? Untuk memperoleh tinggi baku sebuah selambu. Misalnya kain filtras memiliki tinggi 283 cm, sedangkan tinggi baku selambu adalah 2 m. Maka dipotonglah bagian atasnya setinggi 62 cm, 20 cm nya untuk tempat kapas dan jahitannya, dan sisanya 2 m adalah tinggi baku selambu yang dibutuhkan. Selain potongan atas, ada pula potongan bawah. Potongan atas maupun bawah ini biasanya digunakan sebagai poni. Misalnya potongan atas pada kain ami, dan potongan bawah pada kain bordir extrana.
  • Kenapa cara memotongnya ada yang digunting dan dirobek ? Kain yang dipotong dengan cara dirobek biasanya memiliki serat yang tipis. Selain itu pemotongan kain dengan cara dirobek ini untuk menghasilkan potongan yang lurus dan agar tidak menggulung ketika dijahit.

Per satu gulung jenis kain, jumlah potongan yang dihasilkan berbeda-beda, misalnya :

– Kain vanesa = 28 helai

– Kain ami = 60 helai 1 m, 4 helai 1,5 m, 6 helai 2 m

– Kain metz = 40 helai

– Kain kastilo = 30 helai

– Kain filtras tisu = 60 helai 1 m, 6 helai 1,5 m, 10 helai 2 m

– Kain filtras jaring = 30 helai 1 m, 4 helai 1,5 m, 6 helai 2 m

– Kain Blackout = 50 helai

Selain itu dalam bidang potong memotong kain selambu juga terdapat ukuran baku dan satuan ukuran, diantaranya : 
* Lebar kain yang belum diolah : 120 cm

* Tinggi selambu vanesa, metz, kastilo, mazzada, dll : 1,8 m

* Tinggi selambu ami, filtras, bordir extrana, blackout, : 2 m

** Lebar selambu : 1 m, 1,5 m , 2 m

*** Poni selambu vanesa normal : 25 cm

*** Poni selambu vanesa pendek : 20 cm

*** Poni selambu ami, metz, mazzada, kastilo, dll : 30 cm

*** Poni selambu bordir extrana (rempel pisah) : 53 cm

*** Poni selambu bordir extrana (rempel tempel) : 45 cm

*** Poni selambu blackout : 50 cm

Ukuran-ukuran di atas berlaku untuk selambu yang dibuat massal, sedangkan selambu pesanan sudah barang tentu ukurannya sesuai pesanan namun tidak meninggalkan ukuran baku di atas. Salain itu, selambu pesanan mengukurnya harus ditambah 10 cm tingginya, ini diperuntukkan tempat lipatan jahitan agar didapatkan ukuran selambu yang sesuai pesanan.

Satuan pengukuran dalam konveksi gorden :

  • 1 m = 120 cm
  • 1,5 m = 180 cm
  • 2 m = 240 cm

Demikian uraian singkat pengetahuan saya tentang memotong kain gorden yang saya bagi di postingan kali ini, semoga dapat menambah pengetahuan pembaca sekalian, terimakasih 😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s