Kuliner, Tips & Trik

Nasi Goreng Jawa yang Enak ala Nia Nayajomis

Oleh Nia Nayajomis 

Nasi goreng adalah makanan yang cocok dimakan dalam segala suasana. Dalam berbagai kesempatan makanan ini sering dijadikan salah satu menu utama yang dihidangkan. Seperti pada acara pesta, pertemuan , atau bahkan dalam keseharian kita. Untuk jenis makanan rumahan, nasi goreng umumnya di hidangkan saat sarapan. Sementara para pedagang makanan jalanan umumnya menjualnya pada malam hari.

Cara memasak makanan ini sangatlah mudah. Saking mudahnya sampai beberapa orang menjadikannya sebagai standar bagi seseorang bisa memasak atau tidak. Meskipun begitu, nasi goreng yang enak tentu memiliki kriteria dan cara memasak tertentu.

Kita mengetahui nasi goreng ada yang dimasak menggunakan bumbu instan yang banyak dijual di pasaran dengan berbagai rasa dan bumbu yang kita buat sendiri dari bawang merah-putih, cabai, dan garam yang kemudian kita sebut sebagai nasi goreng jawa.

Saya merupakan salah satu penggemar nasi goreng jawa. Tapi saya lebih suka yang saya masak sendiri. Alasan saya menyukai nasi goreng jawa karena menurut saya nasi goreng yang dihasilkan lebih gurih. Berkali-kali memasak makanan ini saya telah menemukan cara dan kriteria nasi goreng jawa yang enak menurut saya. Berikut kriterianya :

  • Yang pertama, nasi yang digunakan akas. Dimana tekstur nasi tidak lembek, dan bentuknya berbulir seperti berasnya.
  • Kedua, tidak berminyak. Berminyak atau tidak nasi goreng yang dibuat biasanya dipengaruhi saat proses memasak bumbu.
  • Dan yang terakhir, matang sempurna baik bumbu maupun nasinya ketika telah dimasak menjadi satu dengan bumbunya.

Untuk cara memasak, cara yang saya gunakan dalam membuat nasi goreng kurang lebih sama seperti pada umumnya. Tapi saya berpedoman pada kriteria yang saya tuliskan di atas.

Sekian cerita pengalaman saya membuat nasi goreng yang saya bagi di postingan kali ini. Semoga bisa menjadi tambahan referensi pembaca dalam membuat nasi goreng 😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s