Kuliner, Ulasan

Food Street Berbumbu Kacang

Oleh Nia Nayajomis 

Berbicara soal makanan yang dijual di kedai di pinggir jalan atau lebih kerennya disebut food street di daerah tempat tinggal kita ada banyak sekali. Mulai yang hanya snack sampai menu makan utama.

Tapi pernahkah pembaca sekalian memperhatikan jika kebanyakan food street atau makanan yang dijual di kedai di pinggir jalan memakai bumbu dari kacang tanah ?

Yup, sampai sekarang saya sendiri masih belum tau pasti alasan dari penggunaan bumbu dari salah satu sumber lemak nabati itu. Mungkin alasan penggunaan kacang sebagai bumbu dari kebanyakan olahan makanan yang banyak dijual di kedai makanan itu karena bahannya yang mudah didapat dan harganya yang terjangkau. Sementara dari segi cita rasa, kacang memang memberikan rasa gurih yang lebih apabila dimasak dan dikombinasikan dengan bahan makanan lain.

Dari sekian banyak food street berbumbu kacang yang ada, berikut beberapa yang sering kita temui :

1. Pecel

Makanan berbumbu kacang yang satu ini memiliki cita rasa khas yang di hasilkan dari campuran daun jeruk dan kencur. Aneka sayuran yang di rebus dan lauk lain seperti ayam goreng, dan tempe goreng serta tambahan lalapan seperti daun kemangi atau mentimun menjadi pendamping dari bumbu kacang pada makanan yang satu ini.

2. Rujak

Pada umumnya, kita mengenal ada dua jenis rujak yaitu rujak manis/buah dan rujak asin/sayuran. Yang membedakan keduanya dari segi isi dan rasa.

  • Rujak Asin/Sayur, makanan yang satu ini memiliki bumbu kacang dengan cita rasa khas yang dihasilkan dari campuran petis ikan. Penyajiannya, aneka sayuran rebus, irisan tahu-tempe goreng, dan lontong, serta kikil diurap menjadi satu dengan bumbu kacang yang telah dihaluskan.
  • Rujak Manis/Buah, yang membedakan dari rujak asin/sayur, rujak yang satu ini menggunakan bumbu kacang yang dicampur dengan gula merah cair kemudian disiramkan pada aneka potongan buah seperti bengkoang, belimbing, mentimun, pepaya, dan nanas.

3. Gado-gado

Berikutnya, gado-gado. Yang membedakan bumbu kacang dari menu yang satu ini dengan yang lain adalah bumbu kacangnya masih melalui sebuah proses pemasakan setelah bumbu dicampur dan dihaluskan, selain itu adanya tambahan santan yang membuat bumbu kacang menu makanan ini makin gurih. Isi sajiannya sama seperti menu-menu berbumbu kacang seperti yang saya tulis sebelumnya, yaitu aneka sayuran yang direbus. Bedanya gado-gado ada tambahan kentang rebus, telur rebus, emping mlinjo, daun selada dan tomat segar.

4. Siomay

Untuk menu yang satu ini meskipun sama-sama menggunakan bumbu kacang seperti gado-gado, rujak sayur, dan pecel, isi dari siomay didominasi oleh aneka olahan tepung kanji yang dikukus. Seperti kulit pangsit, kol dan tahu yang diisi adonan tepung kanji. Selain itu, siomay juga disajikan bersama telur dan kentang rebus seperti gado-gado kemudian daun selada, pare rebus, dan siomay kering. Untuk bumbu kacangnya, kurang lebih sama dengan gado-gado, tapi siomay diberi tambahan perasan jeruk nipis.

4. Tahu Lontong 

Komposisi bumbu kacang dari menu ini sama dengan bumbu kacang pada rujak sayur. Dimana bumbu kacang juga di tambahkan petis ikan. Isinya hanya terdiri tahu, lontong dan mentimun yang ditambahkan bihun goreng yang sudah diremas, bawang goreng, irisan seledri dan cabai merah besar, serta taburan kecap manis.

6. Tahu Telor 

Dilihat dari namanya sudah pasti sajian dari menu ini ada tahu dan telur. Tahu putih yang digoreng bersama kocokan telur ini disajikan dengan bumbu kacang yang kurang lebih sama dengan bumbu kacang yang digunakan pada tahu lontong, bedanya pada tahu telur bumbu kacangnya tidak ditambahkan petis ikan.

7. Cilok 

Olahan dari tepung kanji yang dikukus ini merupakan makanan yang sangat merakyat dan ada dimana-mana. Dan sangat cocok dimakan dalam segala suasana, tapi yang paling pas dinikmati saat musim hujan. Makanan berbentuk bulat ini umumnya dinikmati bersama saus sambal pedas atau saus kacang yang pedas. Ada pula yang memadukan antara saus keduanya. Biasanya cilok ada yang terbuat dari tahu, dimana tahu yang memiliki kulit diisi dengan adonan tepung kanji.

8. Sate 

Makanan yang umumnya terbuat dari daging kambing atau ayam yang ditusuk lalu dibakar dengan bumbu kecap ini juga disajikan dengan bumbu kacang. Bumbu kacang pada menu ini umumnya terbuat dari bahan yang sama seperti makanan yang sudah saya ulas sebelumnya. Hanya bedannya pada menu ini ditambahkan kemiri. Penyajiannya ditambahkan lontong, irisan bawang merah, tomat dan cabe rawit atau sambal serta kecap.

Yah, itulah beberapa menu berbumbu kacang yang kerap kita temui. Rata-rata menggunakan sayuran, tahu, lontong, aneka olahan dari tepung kanji sebagai pendamping bumbu kacangnya. 

Harga tiap makanan tersebut sangat bersahabat dengan kantong. Selain itu, makanan-makanan tersebut memiliki cita rasa yang nikmat. Jika ingin membuat sendiri caranya juga sangat mudah jika tidak tahu kita tinggal mencarinya saja di Google. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun sangat mudah didapat.

Sekian ulasan saya tentang makanan berbumbu kacang kali ini, sampai bertemu dipostingan selanjutnya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s