Tren, Ulasan

Seni Reog Yang Kian Membumi

Oleh Nia Nayajomis 

img_20170317_123254.jpgJika mendengar kata reog tentu kita langsung teringat pada kesenian asli Ponorogo yang telah mendunia itu. Kebanyakan dari kita yang awam dengan kesenian tersebut pasti mengira reog hanya ada di daerah asalnya, Ponorogo.

Tapi tahukah anda jika di daerah di luar Ponorogo kesenian yang khas dengan topeng kepala hewan macan dan merak ini tengah berkembang  ?

Di daerah asalnya, kesenian reog ini murni sebagai warisan budaya yang dilestarikan. Tidak hanya itu, kesenian ini telah menjadi mata pencaharian bagi warga Ponorogo. Karena mulai dari kesenian hingga senimannya mempunyai potensi ekonomi yang bagus. Tapi, di luar daerah Ponorogo kesenian reog memiliki perspektif yang lebih dalam dibanding sekedar kesenian yang menghibur .

Banyak sekali paguyuban seni di berbagai daerah yang mengangkat reog Ponorogo sebagai kesenian mereka. Tujuannya bukan semata-mata sebagai hiburan atau turut melestarikan kesenian yang notabenenya adalah warisan budaya negeri ini. Tapi maksut dan tujuan mereka yang lebih utama, mengajak warga masyarakat bergotong royong untuk mempelajari, dan melestarikan seni dan budaya ini agar persatuan antar warga masyarakat terbentuk. Dimana, di era yang semakin modern ini kearifan lokal semakin tergerus. Kemudian mencoba dipertahankan oleh sekelompok masyarakat melalui kesenian.

Ada banyak sekali cara membangun, dan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat. Seni menjadi salah satu caranya. Dan reog Ponorogo sebagai salah satu seni yang dipilih oleh masyarakat untuk dijadikan wadah dan alat persatuan. Di sisi lain kearifan lokal erat kaitannya dengan seni. Maka tak heran jika untuk menjaga kearifan lokal seni lah yang dijadikan sebagai tonggaknya.

Yah demikianlah ulasan mengenai pandangan saya tentang reog yang hidup dan tumbuh di daerah saya. Reog yang berasal dari Ponorogo ini bukan sekedar kesenian yang diangkat oleh masyarakat di luar Ponorogo seperti daerah tempat tinggal saya sebagai hiburan atau turut melestarikannya lebih daripada itu, reog dijadikan sebagai wadah persatuan masyarakat.

Semoga, kesenian reog yang ada di luar daerah Ponorogo bisa semakin berkembang, layaknya reog di daerah asalnya.

Wassalam ☺

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s