Tips & Trik, Ulasan

Talenta lain si Sabun Cuci Piring

Oleh Nia Nayajomis

Sabun colek identik dengan peralatan yang ada di dapur. Kenapa ? Karena sabun colek memang diciptakan untuk membersihkan noda pada peralatan memasak dan peralatan makan seperti piring, panci, dan lain sebagainya.

Kita pun mengenal banyak produk sabun yang mengandalkan piring sebagai bintang iklannya ini melalui berbagai media informasi.

Bentuknya ada yang krim dan jel. Yang semuanya menawarkan banyak varian aroma. Aroma jeruk nipis menjadi andalan produk sabun jenis ini, karena selain ampuh menghilangkan noda juga ampuh mengilangkan bau amis.

Sabun yang sebenarnya dikhususkan untuk membersihkan peralatan di dapur ini, ternyata bisa digunakan untuk membersihkam noda pada benda lain. Salah satunya noda minyak pada pakaian. Kita bisa membersihkannya dengan sabun cuci ini.

Cara membersihkannya sama dengan ketika kita mencuci pakaian biasanya, tambahkan sabun secukupnya pada pakaian yang terkena noda minyak lalu kucek atau sikat sampai bersih.

Sabun colek juga bisa digunakan untuk membersihkan noda oli yang mengenai kulit tubuh. Seorang montir lah yang lazim terlihat menggunakan sabun colek untuk membersihkan tangannya dari noda oli. Mereka menggunakan sabun colek berbentuk krim karena harganya yang lebih ekonomis.

Orang-orang yang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak, juga menggunakan sabun colek untuk melindungi panci mereka dari noda hitam yang timbul dari asap pembakaran. Mereka mengoleskan sabun colek berbentuk krim di bagian alas Panci hingga merata sebelum digunakan untuk memasak.

Dari beberapa kemampuan sabun colek yang diaplikasikan pada benda lain ini, saya menyimpulkan bahwa noda yang dibersihkan merupakan noda yang masih mengandung unsur minyak. Hal ini kembali lagi pada kemampuan sabun colek yang memang difungsikan untuk menghilangkan noda minyak pada peralatan dapur.

Selain itu, sabun colek yang biasanya kita lihat di dapur tepatnya di tempat cucian piring itu, tidak handal membersihkan noda di peralatan dapur saja, tapi juga bisa menghilangkan noda pada benda lain. Tidak hanya handal membersihkan tapi juga melindungi dari noda. 

Sekian ulasan saya tentang benda yang bisa menghasilkan buih ini. Semoga bisa menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s