Fashion

Mengulik Detail Draping Sewek

Oleh Nia Nayajomis

September 2014, kira-kira tiga tahun yang lalu saya masih duduk di bangku SMK pada jurusan administrasi perkantoran. Letak sekolah saya itu berada di wilayah kecamatan Dampit dan kelurahan Dampit. Otomatis sebagai warga Dampit, apabila ada event-event tertentu seperti memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia, sekolah saya itu turut berpartisipasi dengan mengirimkan beberapa siswanya untuk menjadi anggota di pasukan pengibar bendera pusaka di tingkat kecamatan.

Pada peringatan hari jadi kota Dampit ke  yang diselenggarakan pada tanggal 7 September 2014, diadakan kirab budaya atau karnaval yang diikuti oleh seluruh warga di wilayah Dampit dan sekitarnya. Sekolah saya, SMK PGRI Dampit pun turut ambil bagian di acara tersebut. Dengan menampilkan tarian kreasi dari lagu daerah dan fashion show busana kreasi dari kain sewek/jarik.

Pertunjukan fashion show sepanjang jalan dari start sampai finish di jalur pawai yang diperagakan siswa-siswi kelas XII APK (administrasi perkantoran) 1 dan 2 termasuk saya, berhasil menarik perhatian para penonton dan juri dari kecamatan yang menilai penampilan para peserta karnaval. Tidak sia-sia pertunjukan yang saya dan teman-teman persiapkan selama 2 minggu itu turut menghantar SMK PGRI Dampit memperoleh juara ketiga kategori sekolah menengah atas dalam pawai tersebut.

Dalam tulisan saya kali ini bukan cerita pertunjukkan fashion show yang turut mengantarkan sekolah saya menjuarai pawai budaya di tingkat kecamatan yang akan saya ulas. Tapi cerita dibalik proses pembuatan busana kreasi dari kain sewek untuk pertunjukkan fashion show itulah yang akan saya bagi bersama pembaca sekalian. Karena, selain turut serta berpartisipasi dalam acara sebagai model, saya juga merancang sendiri busana yang saya kenakan.Selain itu, saya juga merancang busana untuk dua orang teman saya. Jadi untuk agenda tahunan yang rutin diikuti oleh sekolah saya itu, total saya merancang tiga buah busana.Dari proses selama 2 minggu merancang busana kreasi dari kain sewek ini, saya menemukan bahwa ada dua hal lain yang menjadikan busana kreasi jenis ini lebih artistik serta memiliki center of interest selain kain itu sendiri sebagai komposisi utama. Yaitu, kombinasi warna dan desain. Keduanya menjadi nyawa bagi sebuah busana kreasi dari kain sewek ini. Keduanya berkesinambungan dalam menciptakan nilai estetis. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kombinasi Warna

Jarik atau sewek umumnya memiliki warna utama coklat, hitam, putih, atau perpaduan dari keduanya. Selain warna-warna netral dan gelap seperti yang saya tuliskan sebelumnya, ada pula kain sewek dengan varian warna lain yang lebih terang seperti ungu, dan hijau, tapi jarang orang yang mengenakannya karena tidak dapat dipadukan dengan sembarang outfit. Karena keterbatan ragam warna inilah menjadikan para perancang cukup kesulitan untuk membuatnya agar tidak terlihat sama ketika diperagakan oleh para model.

Maka dari itu, para perancang busana draping dari material kain sewek ini mempadu padankan ketiga warna tersebut. Supaya busana yang mereka buat bisa memiliki ciri khas yang membedakan dari busana lainnya. Serta menonjolkan kreativitas mereka dalam mengkreasiakan warna.

2. Desain

Selanjutnya desain. Meskipun material yang digunakan menggunakan kain sewek yang bagus dengan warna yang bagus pula, jika model yang di kreasikan monoton akan menghilangkan nilai kreativitas serta keindahannya. Busana kreasi yang dibuat pun terkesan seperti kain yang hanya ditumpuk.

Disini lah para perancang ditantang untuk menunjukkan kreatifitas mereka dalam mengolah desain busana. Agar memiliki ciri khas dan center of  interest. 

Jadi, silogismenya begini, jika sebuah busana kreasi hanya menonjolkan salah satu dari kedua unsur di atas, busana tersebut akan terlihat monoton dan kurang artistik. Serta kehilangan center of interest-nya. Karena pakem dari sebuah busana kreasi pada umumnya adalah menampilkan ciri khas yang menjadikannya berbeda dari lainnya.

Sewek tidak hanya monoton menjadi komposisi utama dalam pembuatan busana kreasi ini. Perancang bisa mengkombinasikannya dengan Material lain misal dengan kain sifon, kain kaca, atau kain satin. Namun, pengguanaan material berbandrol mahal dan berlebihan sangat tidak dianjurkan. Karena ini tidak menjamin busana kreasi yang dihasilkan bagus. Selain itu juga dapat menghilangkan nilai kreativitas.

Terkadang, beberapa perancang menggunakan fashion item jadi untuk membantu mereka mempercepat pengerjaan busana kreasi. Misal menggunakan pakaian yang memiliki motif batik. Ini bisa jadi alternatif jika perancang sudah kehabisan ide. Tapi penggunaan fashion item jadi ini cukup dijadikan komposisi pendukung saja karena bisa mengurangi nilai kreativitas dari sebuah busana kreasi jika dijadikan komposisi utama.

Adapun untuk menambah nilai artistik dari sebuah busana kreasi dapat dengan menambahkan aksesoris. Misal dengan kalung, bros, topi, dll.

Dari segi tingkat kesulitan, busana kreasi dengan desain yang sederhana justru lebih sulit dibanding dengan desain yang kompleks. Kenapa ? Karena perancang membutuhkan ketelitian dan kecermatan untuk membuat desain busana kreasi yang rapi. Kerapian dari desain yang sederhana ini, juga bisa menambah nilai kreativitas dalam sebuah busana kreasi.

Pertunjukkan fashion show busana kreasi yang di persembahkan siswa-siswi SMK PGRI Dampit di kirab budaya yang diselenggarakan di Dampit ini bisa menjadi ajang pembelajaran dan unjuk kreativitas para siswa. Termasuk saya, dimana pembelajaran yang saya peroleh dari kegiatan tersebut bisa saya bagi dengan pembaca sekalian.

Demikian ulasan saya tentang pengalamab saya membuat busana kreasi dari bahan kain sewek.

Semoga bermanfaat ☺:)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s