Tips & Trik

Cara Memotong Kain Blackout

Oleh Nia Nayajomis

​Sehubungan dengan pekerjaan saya sebagai tukang potong di home industri gorden atau selambu, saya belajar banyak tentang dunia potong memotong kain khususnya kain untuk membuat selambu atau gorden.
Kain jenis blackout adalah salah satu kain terbaik yang digunakan untuk membuat selambu. Kain berserat tebal dengan motif serta warna yang menarik membuat harganya tidaklah murah.

Kain dengan salah satu ciri khas mengkilap ini termasuk kategori sulit saat dipotong. Jika keliru, hasil potongannya menjadi tidak lurus. Pengaruhnyapun juga pada hasil jahitannya yang kurang bagus.
Maka dari itu, memotong kain selambu jenis inipun membutuhkan teknis khusus agar hasilnya bagus. Berikut saya bagi trik memotong kain blackout dengan mudah :

1. Tentukan ukuran kain yang akan dibuat selambu 

2. Setelah menentukan ukuran kain yang akan di buat selambu, tandai ukuran tersebut dengan mengguntingnya pada ujung kain

3. Lalu, tarik salah satu serat benang yang muncul pada ujung kain yang telah ditandai tersebut.

4. Tarik serat kain sampai muncul garis patah-patah pada permukaan kain. Kemudian, potonglah kain mengikuti pola garis patah2 tersebut. 

Demikian trik memotong kain blackout yang saya bagi pada hari ini. Semoga secuil ilmu yang saya peroleh dari tempat kerja saya bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. 🙂 Terimakasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s